Refleksi Pembelajaran Inovatif
Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2021

Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik Melalui Flipped dan Blended Learning Sebagai Upaya Optimalisasi Capaian Pembelajaran pada Mata Kuliah Wajib Universitas

Sofwan Hadi Kusuma (Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia)
Nur Kholis (Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia)
M Roem Syibly (Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia)
Junaidi Safitri (Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia)
Krismono Krismono (Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2021

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini telah menggeser efektivitas model pembelajaran konvensional menuju model pembelajaran baru berdasarkan penggunaan media teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat partisipasi mahasiswa pada perkuliahan MKWU Islam Ulil Albab di Universitas Islam Indonesia (UII) dalam proses pembelajaran di kelas selama pandemi Covid-19 melalui model pembelajaran campuran berbasis flipped dan blended learning. Penelitian ini menggunakan Classroom Action Research (CAR), dengan subyek 82 mahasiswa yang sekaligus mengikuti program studi mandiri, mahasiswa dari program studi. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih empat bulan dalam perkuliahan aktif pada semester ganjil tahun ajaran 2020-2021, dengan total 14 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran campuran berdasarkan flipped dan blended learning memiliki peningkatan partisipasi siswa dalam setiap pertemuan dan hasil CPMK tercapai dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

RPI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Refleksi Pembelajaran Inovatif (RPI) adalah jurnal yang ditebitkan oleh Direktorat Pengembangan Akademik (DPA), Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, yang terbit dua kali dalam setahun. RPI menerima dan mempublikasikan artikel ilmiah, baik berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris, yang ...