Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan
Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan

PENGARUH KONSUMSI MINUMAN BERKARBONASI TERHADAP KADAR KOLESTEROL PENDERITA HIPERKOLESTEROLEMIA DI KELURAHAN LANCIRANG

Siti Harsianti Dewi Handayani (Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare)
Haniarti (Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare)
Fitriani Umar (Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare)



Article Info

Publish Date
16 May 2021

Abstract

Data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2007 menunjukkan bahwa prevalensi hiperkolesterolemia sebesar 39,8%. Beberapa Provinsi di Indonesia seperti Nangroe Aceh, Sumatra Barat, Bangka Belitung dan Kepulauan Riau mempunyai prevalensi hiperkolesterolemia ≥50%. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konsumsi minuman berkarbonasi terhadap kadar kolesterol penderita hiperkolesterolemia di Kelurahan Lancirang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok perlakuan dimana sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang dimana 10 orang kelompok kontrol dan 10 orang kelompok perlakuan. Kelompok perlakuan diberi minuman berkarbonasi sebanyak 250 ml setelah mengonsumsi makanan tinggi kolesterol sementara kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Analisis data menggunakan uji independent t test. Hasil penelitian diperoleh peningkatan kadar kolesterol kelompok perlakuan sebesar 3.8 mg/dl sementara kelompok kontrol turun 3.3 mg/dl. Hasil analisis diperoleh tidak ada pengaruh pemberian minuman berkarbonasi terhadap kadar kolesterol penderita hiperkolesterolemia (p=0.115). Disarankan agar mengganti konsumsi minuman berkarbonasi dengan obat-obatan herbal untuk menurunkan kolesterol.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

makes

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Manusia dan kesehatan merupakan jurnal ilmiah menyajikan hasil penelitian, laporan kasus, makalah ilmiah atau kajian analitis-kritis di bidang manusia dan kesehatan dan artikel dalam bentuk ulasan. Jurnal ini diterbitkan setahun tiga kali: Januari, Mei, dan ...