Khazanah Pendidikan Islam
Vol 2, No 3 (2020): Khazanah Pendidikan Islam Vol 2, No 3 November (2020)

Muhasabah Diri Sebagai Media Penanggulangan Perilaku Juvenile Delinquency

Iqbal Syafri (Sunan Kalijaga State Islamic University Yogyakarta, Indonesia)
Hudzaifah Achmad Qotadah (Academy of Islamic Studies, University of Malaya, Malaysia)
Adang Darmawan Achmad (Muhammadiyah University of Cirebon, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2020

Abstract

Masa remaja adalah masa perubahan seseorang dari kanak-kanak menuju dewasa, dalam tahap ini seorang remaja akan diliputi rasa ingin tahu terhadap hal-hal yang baru. Ketika menghadapi hal tersebut, saat itulah seorang remaja diuji apakah dia akan melakukan hal yang baik atau malah akan terjerumus ke perbuatan-perbuatan yang akan merugikan dirinya, keluarganya bahkan merugikan orang lain. Karenanya, tanggung jawab terhadap kenakalan remaja itu salah satunya terletak dari sekolah sehingga sudah seyogyanya setiap sekolah memiliki langkah penyelesaian yang konkret salah satunya dengan menggunakan media muhasabah diri. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta sebagai lokasi penelitian. Adapun, hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan muhasabah  diri yang berupa client centered theraphy seperti muraqabah, muhasabah, mujahadah, dan mu’atabah telah menunjukkan hasil yang positif dalam menanggulangi kenakalan remaja (Juvenile Delinquency) di kelas X secara efektif. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kp

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Khasanah Pendidikan Islam e-ISSN: 2715-968X is open access and peer-reviewed journal of Islamic Studies published by the Program Sarjana UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. The journal is published Four time a year (April, Agustus and Desember ) in both print and online versions and provides a forum ...