Oxygenius Journal Of Chemistry Education
Vol 2 No 2 (2020): Oxygenius : Journal of Chemistry Education

Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Asam Basa

Alfath Fitrilia Taraufu (Unknown)
Dokri Gumolung (Universitas Negeri Manado)
Joice Caroles (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan strategi pembelajaran REACT terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep asam basa menggunakan konteks kimia. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tondano pada tahun ajaran 2019/2020 di kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Materi konsep asam basa yang diajarkan di kelas XI IPA 1 dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Hasil pengolahan data hubungan antara nilai angket dan posttest menunjukan respon positif dalam pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran REACT. Data hasil penelitian berupa angket dan posttest dianalisis melalui uji hipotesis yaitu uji regresi sederhana dan uji korelasi product moment. Uji regresi sederhana menunjukan bahwa semakin tinggi sikap siswa terhadap strategi pembelajaran REACT (X) maka semakin tinggi hasil belajar siswa (Y), hal ini menunjukan adanya pengaruh variabel X (sikap) dan variabel Y (hasil belajar). Hasil uji korelasi product moment diperoleh nilai rxy yaitu 0,6466 yang menunjukan tingkat hubungan yang kuat. Hasil koefisien penentu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran REACT terhadap hasil belajar diperoleh sebesar 41,82%. Dari hasil yang diperoleh dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran REACT terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep asam basa menggunakan konteks kimia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

oxygenius

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Oxygenius Journal Of Chemistry Education is an Indonesian Journal of Chemistry Education presented by the Educational Chemistry Department, Universitas Negeri Manado. The Articles journal published in Oxygenius Journal Of Chemistry Education is free of plagiarism and has never been published by ...