Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM)
Vol 3 No 1 (2021): Jurnal LeECOM

PEMODELAN LITERASI MEMBACA SISWA DI DAERAH TERPENCIL MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK BINER

Wulandari, Sri Pingit (Unknown)
Wildani, Zakiatul (Unknown)
Prastuti, Mike (Unknown)
Aridinanti, Lucia (Unknown)
Retnaningsih, Sri Mumpuni (Unknown)
Ratih, Iis Dewi (Unknown)
Kustantin, Sukriyah (Unknown)
Zullah, Vies Sata (Unknown)
Kurniasari, Septiana Vera (Unknown)
Pradana, Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2021

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan memiliki peran penting dalam mempercepat tujuan pembangunan berkelanjutan atau yang lebih dikenal dengan Sustainable Development Programs (SDGs) tidak hanya di Indonesia tetapi juga di setiap negara di dunia. Namun, kualitas pendidikan di Indonesia masih di bawah negara tetangga seperti Malaysia atau Thailand yang ditunjukkan dengan angka melek huruf yang masih rendah. Hal ini terjadi disebabkan oleh banyak faktor, seperti kondisi psikologis atau lingkungan keluarga. Apalagi keterbatasan akses, fasilitas, dan sumber daya manusia di beberapa daerah terpencil di Indonesia juga mempengaruhi hal tersebut. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang signifikan mempengaruhi literasi membaca siswa SDN kelas 1 di Kecamatan Nonggunong, Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur dalam penyelenggaraan dan evaluasi isu pendidikan khusunya didaerah terpencil demi tercapainya tujuan SDGs di masa depan. Adapun metode yang digunakan adalah regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan tiga faktor berpengaruh signifikan terhadap skor literasi siswa yaitu usia, jenis kelamin, serta tingkat kesukaan membaca siswa dengan persentase ketelitian klasifikasi model sebesar 81,8%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

LeECOM

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Social Sciences

Description

Jurnal LeCCOM (Leverage, Engagement, Empowerment of Community) dengan E-ISSN (2685-8630), diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ciputra Surabaya sejak tahun 2019. Jurnal ini diterbitkan dengan tujuan untuk mewadahi publikasi dari semua kegiatan terkait dengan ...