Jurnal Repositor
Vol 3 No 1 (2021): Januari 2021

Pengembangan Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Triad Computer Samarinda

Risca Amellia (Universitas Muhammadiyah Malang)
Wildan Suharso (Universitas Muhammadiyah Malang)
Ilyas Nuryasin (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2020

Abstract

Triad Computer Samarinda merupakan salah satu perusahaan bisnis yang bergerak di bidang penjualan dan perbaikan perangkat komputer sejak tahun 1985. Segala aktivitas penjualan, perbaikan, dan persediaan masih dilakukan secara manual. Resiko nota atau laporan mudah hilang cukup besar. Selain itu customer yang ingin membeli barang atau ingin melakukan perbaikan harus datang ke toko. Hal ini dirasa kurang efektif apabila customer berada di luar kota dan harus menempuh jarak yang jauh. Diperlukan suatu sistem untuk pengolahan data pelanggan, penjualan, dan perbaikan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan yaitu sistem informasi e-CRM dimana sistem ini mampu menyimpan semua data penjualan, stok barang, servis perbaikan, dan layanan untuk customer. Beberapa fitur untuk meningkatkan pelayanan untuk customer seperti invoice yang dapat dikirim ke email customer. Customer juga dapat memesan barang, memberikan testimoni, dan mengirim pesan. Hasil dari penelitian ini menggunakan blackbox untuk sistem dan User Acceptance Test (UAT) untuk pengguna. Dari kedua pengujian tersebut, hasilnya sistem dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan yang diinginkan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

repositor

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Jurnal Repositor dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Malang dan dikelolah Program Studi Informatika. Jurnal Repositor merupakan jurnal ilmiah dengan ruang lingkup keilmuan bidang ifnormatika. Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian, telaah ilmiah dan serangkaian hasil studi yang ...