Jurnal Repositor
Vol 2 No 11 (2020): November 2020

Penerapan Frequency,Recency, Monetery Model Dan Algoritma K-Mean Pada Sistem Pengelompokan Pelanggan (Studi Kasus: PT. Ditra Manunggal Jaya)

Hussin Agung Wijaya (Universitas Muhammadiyah Malang)
Wildan Suharso (Universitas Muhammadiyah Malang)
Yufis azhar (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2020

Abstract

PT. Ditra Manunggal Jaya yang bergerak dalam bisni Sembilan kebutuhan pokok. Dalam proses bisnisnya PT Ditra Manunggal Jaya masih mengbungkan proses manual dengan transaksi dari pelanggan dari seluruh Indonesia, dengan permasalahan tersebut sangat tidak bisa perusahaan untuk memanajemen pelanggan. Sehingga dibutuhkan suatu sistem yang secara otomatis dapat memanjemen pelanggan. Frequency, recency and monetary model adalah suatu model yang sering diterapkan sebagai pemberian nilai ataupun bobot untuk pelanggan dari proses transaksi. Pemberian bobot yang di berikan akan dianalisa dan dikelompokkan oleh k-mean. Dari hasil analisa k mean diuji menggunakan purity dengan nilai total sebesar 0,441 . dengan pengujian dapadari fitur pada sistem disimpulkan bahwa sistem dapat dikatakan telah berjalan dengan baik, sehingga dapat membantu staff penjualan PT Ditra Manunggal Jaya dalam memberikan pelayanan yang bai bagi para pelanggannya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

repositor

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Jurnal Repositor dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Malang dan dikelolah Program Studi Informatika. Jurnal Repositor merupakan jurnal ilmiah dengan ruang lingkup keilmuan bidang ifnormatika. Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian, telaah ilmiah dan serangkaian hasil studi yang ...