TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)
Vol. 4 No. 1 (2021): Mei: TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)

Kiat Menghadapi Tantangan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19

Ella Silvana Ginting (STIE Mikroskil)
Tya Wildana Hapsari Lubis (STIE Mikroskil)
Suci Pertiwi (STIE Mikroskil)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2021

Abstract

Semenjak pandemi Covid 19 melanda banyak negara di dunia termasuk Indonesia, dan jumlah pasien positif terpapar Covid 19 terus bertambah membuat Pemerintah mengambil kebijakan untuk mencegah penyebaran Covid 19 agar tidak terus meluas. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan merespon dengan cepat dan tanggap menutup semua sekolah dan merumahkan peserta didik serta mengeluarkan kebijakan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dengan belajar dari rumah, melalui pembelajaran daring. Keadaan seperti ini merupakan tantangan yang harus dilewati bukan hanya saja guru, peserta didik, tetapi juga para orang tua peserta didik. Peraturan Kemdikbud mengenai penutupan sekolah dan merumahkan semua peserta didik tentunya berdampak besar bagi dunia pendidikan, termasuk bagi peserta didik di SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Sekolah ini terpaksa harus ditutup selama masa pandemi Covid-19, hal ini tentu berimbas pada peserta didik di mana mereka harus mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru yaitu belajar dan sekolah dari rumah. Implementasi pembelajaran daring pada awal mula diterapkan, berjalan dengan lancar dan mendapat sikap antusias positif dari para peserta didik. Namun, seiring berjalannya waktu, terdapat keluhan dari para peserta didik seperti banyaknya tugas yang diberikan kepada para peserta didik, terbatatsnya kuota internet dan seringnya terjadi gangguan jaringan ketika proses belajar mengajar berlangsung membuat mereka merasa jenuh dan kesulitan. Untuk itu maka diperlukan kiat dalam menghadapi tantangan pembelajaran daring ini agar para peserta didik tidak merasa jenuh dan tetap bisa fokus dalam menerima pembelajaran dari guru. Hasil yang dicapai adalah respon positif dari para peserta didik dan guru di SMA Negeri 1 Lubuk Pakam yang mengharapkan agar nantinya kegiatan pelatihan seperti ini akan sering dilakukan di SMA tersebut. Kesimpulan dengan adanya pelatihan kiat menghadapi tantangan pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19 ini adalah memberikan pengetahuan tentang mengatur waktu dan mengelola stress sehingga peserta didik dapat mengindari kejenuhan selama pembelajaran daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Social Sciences

Description

TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) is a scientific multidisciplinary journal published by Institute of Computer Science (IOCS). It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is to disseminate ...