JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF)
Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Belajar Siswa SMK YADIKA 5 Pondok Aren

Novia Susanti (Universitas Pamulang)
Susi Ayuna Dewi (Alumni Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan belajar siswa SMK YADIKA 5 Pondok Aren. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 572 siswa sedangkan sampel yang diambil sebanyak 85 siswa menggunakan rumus slovin. Metode penelitian yang digunakan asosiatif kuantitatif dengan pengumpulan data observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Metode analisa data menggunakan analisis deskiptif, uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji regresi linier sederhana, uji resresi linier berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji uji-t  dan uji F (simultan). Hasil penelitian diperoleh bahwa secara parsial dan simultan kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan belajar siswa SMK Yadika 5 Pondok Aren.Di dukung dengan persamaan Y= 5.677+0.32X1+0.48X2  dan nilai Fhitung 34.557 > Ftabel 2.36. Sedangkan besarnya konstribusi kualitas layanan dan faslitas terhadap kepuasan belajar sebesar sebesar 46.6%.Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Fasilitas; Kepuasan siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JFB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JIF menerima artikel yang akan direview oleh editor internal atau eksternal. Selanjutnya, artikel akan ditinjau oleh reviewer kami dengan keahlian di bidang Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi. ...