cover
Contact Name
Gatot Kusjono
Contact Email
gatotkusj@yahoo.co.id
Phone
+6281386165113
Journal Mail Official
feasible@unpam.ac.id
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No.1 Pamulang, Tanggerang Selatan, Banten
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF)
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 26559811     EISSN : 26561964     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
JIF menerima artikel yang akan direview oleh editor internal atau eksternal. Selanjutnya, artikel akan ditinjau oleh reviewer kami dengan keahlian di bidang Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi.
Articles 93 Documents
Pengaruh Problem Solving Skill Dan Komunikasi Efektif Terhadap Produktivitas Karyawan Hira Maulida
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (747.188 KB) | DOI: 10.32493/fb.v1i2.2019.196-207.2996

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh problem solving skill terhadap produktivitas karyawan, untuk mengetahui pengaruh komunikasi efektif terhadap produktivitas karyawan, untuk mengetahui pengaruh problem solving skill dan komunikasi efektif secara simultan terhadap produktivitas karyawan di PT. Reckitt Benckiser Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dalam uji statistik untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel yang diteliti dan proses perhitungan statistik lainnya menggunakan program STATA versi 14.2. Populasi dalam penelitian ini adalah 319 karyawan di PT Reckitt Benckiser Indonesia dan menggunakan rumus Slovin. 177 orang dijadikan sampel untuk menentukan responden. Hasil dari penelitian ini adalah problem solving skill berpengaruh terhadap produktivitas karyawan, komunikasi efektif berpengaruh terhadap produktivitas karyawan, problem solving skill dan komunikasi efektif berpengaruh terhadap produktivitas karyawan. Kata Kunci: Problem Solving Skill; Komunikasi Efektif; Produktivitas Karyawan
Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Peserta Didik Di SMA Islam Cikal Harapan Bumi Serpong Damai Gatot Kusjono; Eni Sudjiani
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1187.776 KB) | DOI: 10.32493/fb.v1i1.2019.83-94.2269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan peserta didik  di SMA Islam Cikal Harapan Bumi Serpong Damai – Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan responden penelitian berjumlah 85 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan  instrumen angket. Instrumen dikalibrasi dengan menggunakan validitas butir korelasi product moment dan koefisien reliabilitas diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas. Sedangkan data penelitian di analisis menggunakan teknik korelasi, determinasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan  antara kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan peserta didik, dengan konstribusi koefisien determinasi R2 = (0,761)2 = 0,58 = 58%  dan persamaan regresi linier Ŷ = -5,904 + 0,431X. Kata kunci: kualitas layanan pendidikan; kepuasan peserta didik
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Abadi Jaya Motor Bogor Ugeng Budi Haryoko; Hapid Rabani
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (879.615 KB) | DOI: 10.32493/fb.v1i2.2019.148-159.2972

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel Abadi Jaya Motor Bogor. Untuk mengetahui pengaruh lokasi secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel Abadi Jaya Motor Bogor. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan pelanggan pada Bengkel Abadi Jaya Motor Bogor.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi secara parsial, uji koefisien determinasi secara simultan, uji korelasi product moment, Uji t dan Uji f. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang konsumen yang memakai jasa perbaikan kendaraan motor pada Bengkel Abadi Jaya Motor sebanyak 457 konsumen. Dengan rumus slovin didapat sampel sebanyak 82 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa . Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 26,2%.  Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang tinggi akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Dari hasil yang diperoleh nilai t hitung > t tabel (5,334 > 1,663), hal itu juga dibuktikan dengan signifikansi 0,000 < 0,05.  dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.Lokasi  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 41,9%. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang tinggi akan meningkatkan keputusan pembelian. Dari pengujian hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7.602 > 1,663) hal ini diperkuat dengan probability 0,000 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara lokasi terhadap kepuasan pelanggan.Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 14,980 + 0,230X1 + 0,473X2. Semakin tinggi kualitas pelayanan dan loaksi maka akan semakin meningkatkan kepuasan pelanggan. Demikian pula sebaliknya. Kontribusi pengaruh promosi dan kualitas pelayanan secara simultan adalah sebesar 46,7% sedangkan sisanya sebesar 53,3% dipengaruhi faktor lain. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji statistik F hitung > F tabel atau  (34,613 > 2,150), hal tersebut juga diperkuat dengan probability 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan; Lokasi; Kepuasan Pelanggan
Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur (Sebuah Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Industri Logam Go Public di BEI) Periode 2012-2016 Buchari E Satiaputra; Herry Suherman
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1285.08 KB) | DOI: 10.32493/fb.v1i1.2019.32-45.2265

Abstract

 Periode 5 tahun terakhir,  merupakan waktu yang cukup sulit yang dihadapi oleh perusahaan manufaktur di Indonesia, masuknya era globalisasi, persaingan pasar bebas, fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing dan inflasi yang cukup tinggi. Menurut pernyataan Bank Indonesia pada kuartal kedua 2015 pelemahan rupiah cukup dalam (overshoot) dan telah di bawah nilai fundamental (undervalued). Pada 2015, kesulitan yang dihadapi oleh perusahaan manufaktur cukup serius. Tujuan dari penelitian ingin menganalisis kinerja keuangan perusahaan manufaktur dengan menggunakan motode Almant Z-Score yang telah dimodifikasi tahun 1997 yang meliputi WCTA, RETA, ROI, BVETL dan TATO sebagai variabel independen memiliki hubungan yang positif terhadap Z-Score sebagai variabel dependen yang mewakili kesulitan keuangan atau kebangkrutan perusahaan akibat inflasi dan fluktuasi rupiah yang berkepanjangan dan tidak ada kepastian. Pemilihan sampel berdasarkan purposive sampling. Total sampel semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Analisis digunakan adalah metode Altman Z-Score revisi 1997  merupakan analisis regresi berganda, analisis korelasi (PPM), asumsi klasik, uji hipotesis terdiri dari uji koefisien determinasi, uji-F dan uji-t. Pengujian digunakan program EVIEWS-7. Kata kunci: WCTA; RETA; ROI; BVETL, TATO; Z-Score
Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Kobe Boga Utama Tangerang Mutmainnah Mutmainnah
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.892 KB) | DOI: 10.32493/fb.v1i2.2019.95-105.2409

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas produk pada PT. Kobe Boga Utama, mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan pada PT. Kobe Boga Utama, dan mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Kobe Boga Utama. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Adapun teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampel Accidental Sampling yang berjumlah 97 responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi sederhana, dan uji hipotesis. Hasil analisis deskripsi menunjukkan kualitas produk PT. Kobe Boga Utama dipersepsikan baik, hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata jawaban responden sebesar 4,06. Kepuasan konsumen PT. Kobe Boga Utama dipersepsikan baik, hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata jawaban responden sebesar 4,05. Adapun hasil analisis regresi menunjukkan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil thitung > ttabel sebesar (2.034 > 1.985) dan persamaan Y = 31.808 + 0.224X, artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan tafsiran, jika kualitas produk meningkat sebesar 1 satuan maka kepuasan konsumen akan meningkat sebesar 0.224.Kata Kunci : Kualitas Produk; Kepuasan Konsumen
Pengaruh Faktor Individu dan Lingkungan Terhadap Keputusan Mahasiswa Menjadi Wirausaha Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pamulang Sunanto Sunanto
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1141.392 KB) | DOI: 10.32493/fb.v1i1.2019.1-8.2261

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor individu dan lingkungan baik secara parsial dan simultan terhadap keputusan menjadi wirausaha pada Mahasiswa Universitas Pamulang. Model penelitian bersifat asosiatif kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Unpam yang berwirausaha dan jumlah sampel berdasarkan Slovin berjumlah 100 (digenapkan), sampling dengan teknik aksidental Metode pengumpulan data melalui kuesioner dengan skala Likert, Pengumpulan data melalui kuesioner, observasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji asumsi klasik, Uji Regresi Linier , Uji Koefisien Determinan, Uji Parsial (Uji t) dan Uji Simultan (Uji F).  Hasil Penelitian diperoleh: (1) Terdapat pengaruh yang siginifikan antara faktor individu terhadap keputusan menjadi wirausaha pada mahasiswa Universitas Pamulang. Model regresi linier Y = 20,055+0,726Xi dengan nilai korelasi r =0,726 (korelasi kuat), serta nilai t hitung 10,439 >t tabel 1,985 dengan nilai sig.0,000 (<0,05). (2) Terdapat pengaruh yang siginifikan antara faktor lingkungan terhadap keputusan menjadi wirausaha pada mahasiswa Universitas Pamulang. Model regresi linier Y = 7,956+0,705X2 dengan nilai korelasi r =0,705 (korelasi kuat), serta nilai t hitung 9,845>t tabel 1,985 dengan nilai sig.0,000 (<0,05). (3)Terdapat pengaruh yang siginifikan antara faktor individu dan lingkungan secara simultan terhadap keputusan menjadi wirausaha pada mahasiswa Universitas Pamulang. Model regresi linier berganda Y = 7,002+0,486X1+0,441X2, dengan nilai korelasi berganda R =0,814 (korelasi sangat kuat), dan nilai koefisen determinasi adjusted R² sebesar 0,656 serta nilai F hitung 95,575>F tabel 1,43 dengan nilai sig.0,000 (<0,05). Kata Kunci: Faktor Individu; Faktor Lingkungan,Keputusan; Mahasiswa Unpam
Pengaruh Budaya Organisasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama Bogor Jeni Andriani & Sigit Purnomo; Sigit Purnomo
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.534 KB) | DOI: 10.32493/fb.v1i2.2019.160-169.2973

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial budaya organisasi  (X1) terhadap produktivitas kerja (Y), pengaruh secara parsial disiplin kerja  (X2) terhadap produktivitas kerja (Y) serta mengetahui pengaruh secara simultan budaya organisasi dan disiplin kerja dan terhadap produktivitas kerja karyawan  pada Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bogor. Dalam penelitian ini penulis melakukan pengujian hipotesis dengan mengukur uji t (secara parsial) dan uji f (secara simultan). Populasi yang dijadikan responden yakni seluruh karyawan Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama Bogor yang sebanyak 150 orang karyawan  dengan menggunakan rumus slovin yakni mengambil sampel dari jumlah populasi, dimana jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Data-data tersebut di uji dengan melihat validitas dan reliabilitasnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah secara koefisien regresinya diperoleh budaya organisasi dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja yakni budaya organisasi sebesar 0,048 (48%) dan disiplin kerja sebesar 1,000 (100%) sehingga disiplin kerja lebih dominan dari budaya organisasi, dan dibuktikan pada uji t dimana X1 memperoleh thitung 6,188 lebih besar dari ttabel 2,001 sehingga pengaruh secara parsial bernilai positif, sedangkan Thitung pada X2 sebesar 127,117 lebih besar dari ttabel sebesar 2,001 sehingga pengaruh secara parsial bernilai positif. Dalam  pengujian F secara simultan didapat Fhitung sebesar 8098,471 lebih besar dari Ftabel 3,160 sehingga secara simultan atau bersama-sama terdapat pengaruh yang positif. Kata Kunci: Budaya Organisasi; Disiplin Kerja; Produktivitas
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pondok Pinang) Novia Susanti; Arsyad Syahrian
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1118.798 KB) | DOI: 10.32493/fb.v1i1.2019.46-53.2266

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pondok Pinang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yaitu dengan mendeskripsikan keadaan responden serta deskripsi variabel penelitian. Sifat penelitian dalam penelitian ini, populasi sebanyak 3207 orang dan sampel sebanyak 97 orang menggunakan sampel slovin. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Reliabilitas, Uji Koefisien Korelasi, Uji Linier Regresi Sederhana, Uji Signifikan (t), serta koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistik Versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel independen yang di uji berpengaruh secara bersama-sama positif dan signifikan terhadap variabel dependen melalui uji t, korelasinya sebesar 0,997 menandakan hubungan yang sangat kuat, dan regresinya yaitu Y = 0,622 + 0,896 X artinya setiap perubahan nilai variabel independen (X) akan diikuti oleh perubahan variabel dependen (Y) yaitu sebesar 9,312, sedangkan angka Adjusted R Square sebesar 0,995 menunjukkan 99,5% variasi atas kepuasan nasabah yang dapat dijelaskan oleh variabel independen tersebut, dimana sisanya 0,5% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial dan simultan memiliki pengaruh yang postif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pondok Pinang.                                                                                        Kata Kunci : Kualitas Pelayanan; Kepuasan Nasabah
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Nilai Terhadap Kepuasan Serta Implikasinya Pada Loyalitas Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta X Yossy Wahyu Indrawan
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.263 KB) | DOI: 10.32493/fb.v1i2.2019.106-122.2969

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi nilai terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada PTS X. Responden penelitian ini adalah 225 mahasiswa Program Studi Manajemen-S1 dan dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan/insidental (sampling incidental). Lebih lanjut, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan prosedur Bollen-Stine bootstrap dikarenakan data yang tidak normal secara multivariat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.Kata kunci: kualitas layanan; persepsi nilai
Membangun Jiwa Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Sebagai Upaya Mewujudkan Kemandirian Perspektif Perkuliahan Mata Kuliah Kewirausahaan di Universitas Pamulang Tangerang Selatan Teguh Yuwono
Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1043.703 KB) | DOI: 10.32493/fb.v1i1.2019.9-13.2262

Abstract

Tujuan Praktik Perkuliahan Kewirausahaan adalah untuk mewujudkan kemandirian bagi para mahasiswa, sekaligus pembekalan ketrampilan berwirausaha. Hal ini penting karena selepas lulus kuliah mahasiswa tertuntut untuk melakukan kreativitas usaha agar dapat menghasilkan yang pada gilirannya dapat menghidupi dirinya sendiri, bermanfaat bagi lingkungan dan memberi dampak ekonomis bagi aktivitasnya. Metode yang dilaksanakan adalah dengan melakukan praktik bisnis dari produk yang sudah disiapkan oleh Koperasi Pusat Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan (Pinbik) Universitas Pamulang, yaitu yang tersedia di Kopinmart untuk dimarketingkan. Disinilah akan banyak kreativitas tercipta, baik penciptaan segmen, re-selling,  sampai bagaimana melakukan positioning. Hasil dari pembelajaran mata kuliah kewirausahaan dan sejenisnya - terlepas memenuhi target atau tidak - akan menjadi experience competence dan bahan evaluasi bagi para mahasiswa yang  bersangkutan sekaligus penilaian bagi dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan dan sejenisnya kepada mahasiswanya. Kata kunci : Kewirausahaan; Kemandirian

Page 1 of 10 | Total Record : 93