Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar

Pengaruh Metode Pembelajaran Debate terhadap Kecerdasan Emosional pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V SD Inpres 133 Bumi Ajo Distrik Moswaren

Yuyuk Sri Rahayu Winingsih Sari (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Mursalim Mursalim (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Ihsan Ihsan (Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran debate terhadap kecerdasan emosional pada mata pelajaran PPKn kelas V SD Inpres 133 Bumi Ajo Distrik Moswaren. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan one group pretest-postest designs. Sampel Penelitian ini yaitu siswa kelas V berjumlah 21. Instrument yang digunakan adalaha angket dan lembar observasi. Hasil uji Reabilitas diperoleh Cronbach’s untuk instrument angket debate sebesar 0,589 dan angket kecerdasan emosional 0,688. Hasil uji normalitas diperoleh nilai sig untuk instrument angket debate sebesar 0,063 dan instrument angket kecerdasan emosional sebesar 0,492, dengan hasil uji one-sample test sebesar 45,910. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis uji one sample t-test diperoleh sebesar 2,086%., dengan nilai thitung 45,910 > ttabel = 1,725 besar taraf signifikan 0,000 < 0,05 maka keputusan hipotesis yakni H0 ditolak dan H1 diterim. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, maka kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh signifikan metode pembelajaran debat terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V SD Inpres 133 Bumi Ajo Distrik Moswaren.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikandasar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Papeda: Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Dasar. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang ...