Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar

Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD YPK 4 Pniel Kota Sorong

Riskyani Arifuddin (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Ahmad Yulianto (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Alman Alman (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV di SD YPK 4 PNIEL Kota Sorong, dengan melibatkan responden sebanyak 30 siswa menggunakan teknik sampling jenuh. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan teknik analisis data yakni menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar, dilihat dari thitung > ttabel, yakni 3,314 > 2,048, dan berdasarkan nilai sig yakni 0,03 < 0,05, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya pembelajaran dengan pendekatan saintifik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar. Adapun kualitas pengaruh yang diberikan adalah sebesar 28,2%, sedangkan 71,2% disebabkan oleh faktor lain diluar dari motivasi belajar. Berdasarkan data hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar. Pendekatan saintifik dapat menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikandasar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Papeda: Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Dasar. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang ...