Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV di SD YPK 4 PNIEL Kota Sorong, dengan melibatkan responden sebanyak 30 siswa menggunakan teknik sampling jenuh. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan teknik analisis data yakni menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar, dilihat dari thitung > ttabel, yakni 3,314 > 2,048, dan berdasarkan nilai sig yakni 0,03 < 0,05, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya pembelajaran dengan pendekatan saintifik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar. Adapun kualitas pengaruh yang diberikan adalah sebesar 28,2%, sedangkan 71,2% disebabkan oleh faktor lain diluar dari motivasi belajar. Berdasarkan data hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar. Pendekatan saintifik dapat menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2021