Chemistry Education Practice
Vol. 4 No. 2 (2021): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan dalam rangka ulang tahun CEP yang ke 4

Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Website 2 Apk Builder pada Materi Larutan Asam Basa

Elmi Royani (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram)
Mukhtar Haris (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram)
Saprizal Hadisaputra (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan  media pembelajaran kimia berbasis website 2 APK builder pada materi larutan asam basa. Desain penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi tiga tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk awal dan evaluasi produk. Populasi dalam penelitian ini adalah 94 siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kopang. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kopang yang diambil secara acak terdiri atas 10 siswa kelas XI MIPA 1, 10 siswa kelas XI MIPA 2 dan 10 siswa kelas XI MIPA 3. Hasil penilaian validitas oleh ketiga validator menggunakan indeks Aiken diperoleh nilai V = 0,89 yang menunjukkan bahwa media pembelajaran kimia berbasis website 2 APK builder pada materi larutan asam basa sangat valid untuk diujicobakan. Hasil uji kepraktisan dapat diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang menunjukkan  rata-rata kepraktisan untuk semua komponen sebesar 84% yang berarti bahwa media yang dikembangkan sangat praktis untuk digunakan. Sementara itu, keefektifan dapat dilihat dari respon siswa yang menunjukkan respon sangat baik dengan rata-rata keefektifan untuk semua komponen sebesar 91% yang menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat efektif untuk digunakan. Secara umum, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kimia berbasis website 2 APK builder pada materi larutan asam basa yang dikembangkan bersifat valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Website 2 APK Builder, Larutan Asam Basa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...