JURNAL PIONIR
Vol 7, No 2 (2021): Juli

PENERAPAN MODEL CHALLENGE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN

Anik Pujiati . (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan yang bertujuan untuk mengetahui apakahpenerapan model pembelajaran challenge based learning efektif dalam meningkatkan literasilingkungan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest postest design, dengan sampelmahasiswa pada mata kuliah pendidikan lingkungan hidup. Dari hasil analisis diperoleh rerataN-gain 0,82 dan effect size 2,6, maka keduanya masuk dalam kategori tinggi. Hasil uji analisispaired sampel t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan literasi lingkungan sebelum dansesudah penerapan pembelajaran challenge based learing, sehingga dapat disimpulkanpenerapan model pembelajaran challenge based learning efektif dapat meningkatkan literasilingkungan.Kata Kunci : challenge based learning , literasi lingkungan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pionir

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Jurnal Pionir merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Asahan yang bertujuan sebagai sarana komunikasi ilmiah dan untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian kepada praktisi dan pengamat ilmu pengetahuan. Jurnal Pionir mencakup berbagai bidang ...