Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar
Vol 4 No 2 (2020)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Ika Restikawati (STKIP PGRI Trenggalek)
Agus Budi Santosa (Unknown)
Nanda William (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB yang berjumlah 44 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas IV-B yang berjumlah 23 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Tes digunakan berupa pretest dan posttest yang berjumlah 30 item. Berdasarkan analisis data diperoleh dari nilai rata-rata hasil pretest sebesar 63,739 sedangkan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 79,086. Artinya terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) sebesar 15,347. Untuk pengujian hipotesis diperoleh sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

autentik

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Autentik is a journal published by Elementary School Teacher Education (PGSD), STKIP PGRI Sumenep. This Journal aimed as media communications and informations around teaching practice and elementary education implementations from various ...