JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH
Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUANPETA PIKIRAN PADA MATERI MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X MA SWASTA GANTUNG CIRI KABUPATEN SOLOK

Rita Arianti (STKIP Rokania)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul materi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis peta pikiran pada kemampuan menulis argumentasi yang valid,praktis dan efektif bagi siswa kelas X MA Swasta Gantung Ciri Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D pembangunan.Berdasarkan analisis dan pembahasan data, penulis memberikan beberapa kesimpulan. Pertama, validasi modul materi pembelajaran bahasa Indonesia dengan pemetaan pikiran dalam menulis argumentasi pada siswa kelas XMA Swasta Gantung Ciricenderung sangat valid dengan 82.01. Kedua, kepraktisan modul yang dapat dikatakan sangat baik dengan 82.40. Ketiga, efektivitas modul cenderung sangat efektif dengan 94.62 dan kelengkapan menunjukkan hasil belajar adalah kategori sangat baik atau 82.75(24 siswa dari 29 siswa). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di sekolah, terutama untuk siswa kelas X MA Swasta Gantung Ciri dalam kemampuan menulis argumentasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah merupakan jurnal ilmiah di bidang Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika. JIPA di terbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah ...