Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 5 No 1 (2021): JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA AL QALASADI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Rizki Kurniawan Rangkuti (Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui (1) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs Negeri 2 Labuhanbatu, (2) bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran dan (3) bagaimana proses dan kesalahan jawaban siswa terhadap tes kemampuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes dan non-tes dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan yang ditunjukkan dari hasil uji hipotesis bahwa sehingga ditolak dan diterima. Respon siswa dalam model pembelajaran terhadap kemampuan ada sebanyak 15 siswa (50,0%) menyatakan sangat setuju bahwa siswa memahami materi dalam pembelajaran matematika, sedangkan 10 siswa (33,3%) menyatakan setuju, 2 siswa (6,7%) menyatakan tidak setuju dan 3 siswa (10,0%) menyatakan sangat tidak setuju. Proses dan kesalahan jawaban siswa pada tes kemampuan diketahui terdapat 1 siswa atau 3,3% memiliki jawaban sampai selesai tetapi hasilnya sama sekali salah, terdapat 2 siswa atau 6,7% memiliki jawaban sampai selesai tetapi hasilnya ada yang salah karena kekeliruan dalam proses perhitungan, terdapat 11 siswa atau 36,7% jawaban sampai selesai tetapi hasilnya ada yang salah karena kekeliruan dalam perhitungan, sedangkan siswa yang memberikan jawaban secara tepat dan benar sebanyak 16 siswa atau 53,3 %.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...