PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2021): EDISI APRIL 2021

PROBING-PROMTING LEARNING BERBANTU BAHAN AJAR DESAIN DIDAKTIS: DAMPAKNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Ima Damayanti (UIN Raden Intan Lampung, Jalan Endro Suratmin, Sukarame-Bandar Lampung)
Achi Rinaldi (UIN Raden Intan Lampung, Jalan Endro Suratmin, Sukarame-Bandar Lampung)
Rizki Wahyu Yunian Putra (UIN Raden Intan Lampung, Jalan Endro Suratmin, Sukarame-Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemahaman konsep matematis berdasarkan model pembelajaran Probing-Promting menggunakan bahan ajar desain didaktis. Pada penelitian ini terdapat dua variable, yaitu variable bebas dan variable terikat. Model pembelajaran Probing-Promting menggunakan bahan ajar desain didaktis sebagai variable bebas dan pemahaman konsep matematis sebagai variable terikat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quisi Experimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Abung Timur. Berdasarkan hasil perhitungan statistik kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan uji ANOVA, terdapat pengaruh model pembelajaran Probing-Promting menggunakan bahan ajar desain didaktis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...