PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2020): EDISI OKTOBER 2020

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA

Tuti Handayani (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Hartatiana Hartatiana (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Muslimahayati Muslimahayati (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi barisan dan deret aritmatika dan untuk mengetahui faktor internal penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi barisan dan deret aritmatika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa. Data penelitian diperoleh dari tes tertulis, angket dan wawancara. Analisis data pada penelitian adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan teknis dan kesalahan penarikan kesimpulan. Adapun penyebab kesalahan tersebut adalah karena kurangnya minat siswa dan kurangnya intelegensi siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi barisan dan deret aritmatika. Kata kunci : Barisan dan deret aritmetika; Kesalahan siswa; Soal cerita

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...