Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling
Vol 10, No 1 (2021): JURNAL SERUNAI BIMBINGAN DAN KONSELING (JSBK) MARET 2021

PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESI SISWA SMK TUNAS PELITA BINJAI

Rani Anggraini Br Ginting (STKIP BUDIDAYA)
Nurul Hasanah (STKIP BUDIDAYA)
Irwan Irwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku agresi siswa, peran guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi perilaku agresi siswa serta faktor pendukung dan penghambat guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku agresi siswa SMK Tunas Pelita Binjai. Subjek penelitian guru bimbingan konseling dan enam orang siswa. Hasil penelitian pertama bentuk- bentuk perilaku agresi yang terjadi pada siswa diantaranya berkata kasar, mendorong temanmengejek teman. Kedua guru mengatasi perilaku agresi siswa dengan cara memberikan layanan dan melakukan tahapan-tahapan konseling dan bekerjasama dengan kepala sekolah, wali kelas dan orang tua. Ketiga, faktor pendukung dalam mengatasi perilaku agresi siswa antara lain dukungan dari kepala sekolah, wali kelas dan guru bidang studi, kerjasama yang baik dengan orang tua dan tingkat kesadaran siswa. Sedangkan faktor yang menghambantnya adalah siswa yang sulit terbuka, fasilitas yang kurang memadai, waktu yang terbatas dan orang tua yang tidak bisa bekerjasama.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jb

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun, yaitu bulan Februari dan Agustus. Penerbitan jurnal ini sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian-kajian atau makalah ...