Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan guru PPKn sebagai pendidik berkarakter dalam membentuk sikap siswa yang baik pada Sekolah SMP Negeri 10 Tapung Hulu Tempat yang digunakan dalam penelitian ini di Sekolah SMP Negeri 10 Tapung Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Waktu peleksanaan penelitian ini dilakukan pada semester 2 (ganjil) tahun pelajaran 2020/2021. populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa Sekolah SMP Negeri 10 Tapung Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 161 siswa. Sampel dalam penelitian ini dari jumlah populasi yang terdiri dari 48 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersumber dari data-data kualitatif. Penelitian ini juga bisa disebut dengan penelitian deskriptif (qualitative research) adalah suatu penelitian ditunjukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual atau kelompok. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawncara dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai pendidikan karakter oleh guru PPKn di Sekolah SMP Negeri 10 Tapung Hulu difokuskan pada tiga aspek, yaitu tanggung jawab, disiplin dan kejujuran siswa. Para siswa-siswa Sekolah SMP Negeri 10 Tapung Hulu dituntut untuk bisa bertanggung jawab atas segala perbuatannya, bersikap disiplin dalam melaksanakan proses belajar, dan bersikap jujur dalam segala hal. Ke tiga hal tersebut dimulai dari guru PPKn sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan pendidikan karakter dengan cara memberikan contoh teladan kepada siswa-siswa untuk belajar bertanggung jawab, bersikap disiplin dan bersikap jujur.
Copyrights © 2021