cover
Contact Name
Dewi Rulia Br Sitepu
Contact Email
serunaibudidaya@gmail.com
Phone
+6281370463131
Journal Mail Official
Jl. Gaharu No. 147 Kel. Jati Makmur, Binjai Utara
Editorial Address
Jl. Gaharu No. 147 Kel. Jati Makmur, Binjai Utara
Location
Kota binjai,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN : 20899483     EISSN : 26558386     DOI : 10.37755
jurnal serunai pancasila dan kewarganegaraan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tabun yakni bulan februari dan agustus. Penerbitan jurnal ini sebafagai sarana untuk menampung arikel-artikel ilmiah berasal dari penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen yang sudah dipilih pada bidang pancasila dan kewarganegaraan. artikel ilmiah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah dipublikasi di tempat lain. artikel ilmiah dalametiap penerbitan meryupakan tanggung jawab penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 44 Documents
PENGARUH PENERAPAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA KELAS X SMA PERSIAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 Ardian Abdi -
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.289 KB) | DOI: 10.37755/jspk.v8i1.134

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Pengaruh penerapan tata tertib sekolah terhadap tingkat kedisiplinan Siswa kelas X di SMA Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X  SMA Persiapan Stabat  tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 35 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui nilai t hitung > t  tabel sehinnga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan tata tertib sekolah terhadap tingkat kedisiplinan siswa kelas X di SMA Persiapan Stabat  tahun pembelajaran 2018/2019.
upaya meningkatkan kemampuan ima, imaa ima
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 1, No 1 (2018): Edisi februari
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA) adalah ilmu yang mengkaji tentang planet bumi dan lapisan ? lapisannya hingga ke atmosfer dan ruang angkasa di luat atmosfer yang disebut antariksa. Apabila sains atammsfer dan space sains digabung akan membentuk  airospace sciences  ( (sains dirgantara). Sains kebumian dapat kita bagi menjadi sains atmosfer dan dan sains hidrosfer serta litosfer . Oleh karena itu, IPBA tidak disamakan dengan astronomi. Berbeda dengan IPBA, astronomi berasal dari bahasa Yunani (greek)  ???????  artinya bintang (star)  atau ?????ov? artinya benda di langit (heavenly body) . 
HUBUNGAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI SMP YAYASAN PENDIDIKAN ESA PRAKARSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Intan Permata Sari Harahap; Arsip Perangin Angin; Nurul Hasanah
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 8, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.241 KB) | DOI: 10.37755/jspk.v8i2.192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan nilai pancasila terhadap pembentukan  karakter siswa kelas VIII di SMP  yayasan pendidikan Esa Prakarsa tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII  SMP Esa Prakarsa  tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 79 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui terdapat hubungan yang signifikan antara variabel pemahaman nilai-nilai Pancasila dengan pembentukan karakter siswa SMP Esa Prakarsa. Nilai pearson correlation atau nilai r hitung sebesar 0,642, artinya ada hubungan yang positif dan sangat kuat antara pemahaman nilai-nilai Pancasila dengan pembentukan karakter siswa.
PENGARUH KONSEP DIRI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI SMK SWASTA SATRIA BINJAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Dedi Hermawan Syahputra
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 1, No 1 (2018): Edisi februari
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.262 KB) | DOI: 10.37755/jspk.v1i1.58

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Konsep Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI SMK Swasta Satria Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Peneliti mengambil sampel sebanyak 20% dari masing-masing kelas secara acak, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 26 siswa. Pemahaman konsep diri siswa masih rendah, dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata pada hasil jawaban angket siswa sebesar 60,19. Hal ini yang menjadi akbat dari rendahnya prestasi belajar PKn siswa setelah dilihat dari daftar nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 70. Setelah siswa diberi pemahaman tentang konsep diri, perolehan nilai rata-rata pada hasil jawaban angket siswa meningkat sebesar 85,19. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan setelah melihat nilai dari daftar nilai ulangan harian siswa yang diberikan guru PKn setelah penelitian ini selesai dilaksanakan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 80. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan untuk mengetahui homogenitas data yang telah diperoleh, telah diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh adalah homogen. Untuk menguji hipotesis pada penelitian ini, telah dilakukan perhitungan statistik dengan menggunakan rumus uji t dengan temuan bahwa nilai thitung > ttabel. Maka dapat dikatakan bahwa hipotesis kerja atau Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh konsep diri siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas XI SMK Swasta Satria Binjai tahun pelajaran 2017/2018.”kata kunci : konsep diri, prestasi belajar siswa, belajar PKn siswa
DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP MORALITAS REMAJA ( STUDI SMK Swasta Putra Bunda Tanjung Pura) Tahun Pelajaran 2018/2019 Dedi Hermawan S
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.393 KB) | DOI: 10.37755/jspk.v8i1.136

Abstract

Globalisasi adalah kecenderungan umum terintegrasinya kehidupan masyarakat domestik/lokal ke dalam komunitas global di berbagai bidang. Akibat adanya era globalisasi membawa pengaruh kepada seluruh aspek, baik dari segi Pendidikan, Ekonomi, Sosial, IPTEK, bahkan moral anak remaja pun mengalami perubahan. Hal yang sangat mengguncangkan bagi seluruh negara adalah masalah perekonomian. Tetapi di indonesia tidak hanya itu, krisis moral anak remajapun sangat memprihatinkan. Moral atau perilaku anak remaja di indonesia mengalami perubahan karena adanya pengaruh dari negara luar yang dibawa ke indonesia. Itu semua langsung diserap begitu saja tanpa memikirkan atau memilih perilaku yang seharusnya di ambil oleh anak remaja di indonesia. Dahulu, moral anak indonesia bisa diacungkan jempol. Dilihat dari tatakramanya, sopan santun dan tutur bahasanya yang baik. Tetapi kini, moral atau perilaku anak remaja di indonesia sangat memprihatinkan. Di Indonesia masalah tersebut dirasa telah mencapai tingkat yang cukup meresahkan bagi masyarakat. Kondisi ini memberikan dorongan yang kuat pada pihak-pihak yang bertanggung jawab, seperti kelompok edukatif di lingkungan sekolah, sekelompok hakim dan jaksa di bidang penyuluhan dan penegak kehidupan. Demikian juga pemerintah sebagai bentuk kebijakan umum dan pembinaan, penciptaan dan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, faktor lain yang tidak dapat dikesampingkan pula adalah masyarakat dan keluarga.Konsep diri suatu hal yang tidak dibawa sejak lahir dan berkembang melalui pendidikan serta interaksi individu dengan orang-orang di lingkungannya. Oleh karena itu, konsep diri seseorang dengan orang lain tidaklah sama, hal ini juga berlaku pada mahasiswa yang berprofesi sebagai pelaku intelektual.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL OLEH SISWA KELAS XI SMK PELITA HAMPARAN PERAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Muhlis Fahdiar Sembiring
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 1, No 1 (2018): Edisi februari
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.257 KB) | DOI: 10.37755/jspk.v1i1.54

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sering dianggap sebagai pembelajaran yang bersifat normatif sehingga dianggap tidak menarik dan membosankan. Padahal pelajaran PKn merupakan pelajaran penting dalam membelajarkan siswa untuk menjadi warga negara yang baik serta mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral sehingga nantinya dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan yang harus dilakukan guru dalam pola pengajarannya. Salah satunya adalah dengan menerapkan strategi belajar yang menarik. Salah satu pembelajaran yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaran kontekstual. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn dengan menerapkan pembelajaran kontekstual oleh Siswa Kelas XI SMK Pelita Hamparan Perak tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pelita Hamparan Perak Kab. Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa, sedangkan subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Aktivitas guru dengan menerapkan pembelajaran kontekstual dalam mengajar pada siklus I menunjukan berkategori baik dan pada siklus II naik menjadi sangat baik.Aktivitas siswa dengan diterapkan pembelajaran kontekstual dalam mengajar pada siklus I menunjukan berkategori baik dan pada siklus II naik menjadi sangat baik. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 65 dengan ketuntasan klasikal 66,67% sedangkan pada siklus II memperoleh nila rata-rata sebesar 81 dengan ketuntasan klasikal 100%. Hal ini menunjukan terjadi perubahan yang baik dari hasil tes siklus I ke tes siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar PKn dengan menerapkan pembelajaran kontekstual oleh Siswa Kelas XI SMK Pelita Hamparan Perak tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : hasil belajar, pembelajaran kontekstual
HUBUNGAN SIKAP DALAM UPACARA BENDERA DENGAN RASA NASIONALISME DALAM PELAJARAN PPKn PADASISWA KELAS X SMK PELITA HAMPARAN PERAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019 M. Suhada; Arsip Perangin Angin
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 8, No 2 (2019): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.003 KB) | DOI: 10.37755/jspk.v8i2.193

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hubungan upacara  bendera dengan rasa nasionalisme  pada mata pelajaran PPKn   tauhn pelajaran 2018/2019. Penelitian ini   dilakukan di SMK  Pelita Bulu Cina. Adapun populasi  dalam penelitian ini  adalah kelas X  yang berjumlah 60 siswa.  Penelitian  ini menggunakan  jenis penelitian   kuantitatif.  Instrumen penelitian  yang digunakan adalah  angket. Dengan adanya  upacara bendera  diharapkan  cinta tanah  air  pada peserta didik dapat terbentuk  dan menjadikan bangsa yang berakhlak  mulia, bermoral, beretika,  berbudaya, beradab berdasarkan  Pancasila  sehingga menjadikan bangsa yang berkarakter.  Dapat disimpulkan  bahwaHasil penelitian sebanyak 60 siswa yang mempunyai tingkat hubungan yang cukup baik atau sedang. Hal ini menunjukkan bahwa untuk memperoleh hubungan upacara bendera lebih dari cukup diperlukan rasa Nasionalisme yang tinggi. Dari hasil thitung  sebesar 2,45 > ttabel = 1,71).  Yang berarti ada hubungan yang signifikan antara upacara bendera dengan rasa Nasionalisme siswa pada pelajaran PKn. Ini berarti bahwa hubungan upacara dengan nasionalisme yang baik selain adanya rasa nasionalisme yang cukup, baik dan sangat baik, juga didukung oleh adanya disiplin sekolah yang ketat dan konsisten, dan perilaku yang baik.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL TROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI SEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA KELAS XI IPS-2 SMA NEGERI 5 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Suryati Suryati Suryati
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 1, No 1 (2018): Edisi februari
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.189 KB) | DOI: 10.37755/jspk.v1i1.59

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: “Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Trowing dalam meningkatkan hasil belajar geografi pada materi sebaran flora dan fauna di Indonesia  kelas XI IPS-2 SMA Negeri 5 Binjai Semeter I Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur tindakan kelas (PTK) merupakan penelitian dengan menggunakan proses pengkajian melalui system berdaur (siklus) dari berbagai kegiatan pembelajaran. Siklus yang dimaksud melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk penelitian ini direncanakan sampai 2 siklus. Berdasarkan hasil diskusi dengan pengawas maka pembelajaran yang dilaksanakan sudah menunjukkan kemajuan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya keberhasilan siswa yang dapat menguasai pelajaran Geografi pada materi persebaran flora fauna di indonesia dimana hasil yang diperoleh adalah 87,5% tuntas dalam pembelajaran lebih dari 75% yaitu 87,5% pada siklus II. Disamping itu juga terdapat kemajuan dalam hal prestasi belajar dimana nilai siswa dari pra siklus ke siklus I, dan dari siklus ke Siklus II. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe snowball trowing, hasil belajar geografi, sebaran flora dan fauna
PERANAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN SIKAP KEDISIPLINAN PADA ANAK USIA REMAJA DI DUSUN VI ALUR DAGANG DESA HARAPAN BARU KECAMATAN SEI LEPAN Agustinawati Agustinawati -
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.253 KB) | DOI: 10.37755/jspk.v8i1.137

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan orang tua dalam menanamkan sikap kedisiplinan pada anak usia remaja di dusun VI Alur Dagang desa Harapan Baru Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek pada dalam penelitian ini adalah sebanyak 19 kepala keluarga (KK). Berdasarkan hasil penelitian ini adalah peranan orang tua dalam menanamkan sikap kedisiplinan pada anak usia remaja adalah mendidik, mengasuh dan membimbing anak-anaknya untuk mencapai tahapan tertentu yang menghantarkan anak untuk siap dalam kehidupan bermasyarakat, kemudian untuk menanamkan kedisiplinan pada anak remaja melalui pola asuh, pola asuhnya antara lain pola asuh permisif, pola asuh demokrasi, pola asuh otoriter. Berdasarkan hasil penelitian peranan orang tua dalam menanamkan sikap kedisiplinan pada anak usia remaja di Dusun VI Alur Dagang belum maksimal dikarenakan kesibukan orang tua masing-masing, lemahnya ekonomi, pengaruh lingkungan, kesadaran pada anaknya sendiri.
UPAYA MENINGKATKAN PATRIOTISME DENGAN METODE DISKUSI MATERI BELA NEGARA PELAJARAN PKN SISWA KELAS XI IPA SMA YPIS MAJU BINJAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Noorzannah Ramadhani; Muslim Sembiring; Surya Wibawa
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 1, No 1 (2018): Edisi februari
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.234 KB) | DOI: 10.37755/jspk.v1i1.55

Abstract

PKn merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan diri peserta didik yang beragam dari segi agama, sosio kultural, bahasa, usia, dan suku bangsa. Pembelajaran PKn ini diharapkan akan mampu membentuk siswa yang ideal dan memiliki mental yang kuat, sehingga dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui besarnya peningkatan patriotisme dengan metode diskusi melalui materi bela negara pada pelajaran PKn siswa kelas XI IPA SMA YPIS Maju Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanya 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 34 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh beberapa hal yaitu: pada siklus I aktivitas guru berkategori baik sedangkan pada siklus II aktivitas guru berkategori sangat baik. pada siklus I aktivitas siswa berkategori baik sedangkan pada siklus II aktivitas siswa berkategori sangat baik. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 69,9 dengan ketuntasan klasikal 44,20% sedangkan pada siklus II memperoleh nila rata-rata sebesar 81,5 dengan ketuntasan klasikal 100%. Hal ini menunjukan terjadi perubahan yang baik dari hasil tes siklus I ke tes siklus II.Kata Kunci : patriotisme, metode diskusi, bela negara