Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 6, No 2 (2020): JURNAL SERUNAI ILMIAH DAN ILMU PENDIDIKAN

PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X SMK SWASTA TAMAN SISWA BINJAI

Riska Meyrisa (STKIP BUDIDAYA BINJAI)
Sri Kurnia Hastuti Sebayang (Unknown)
Khairina Afni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sugesti imajinatif terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa Kelas X SMK Swasta Taman Siswa Binjai. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi penelitian sebanyak 87 siswa kelas X di SMK Swasta Taman Siswa Binjai. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (X TKI 2) dan kelas kontrol (X TKI 1) dengan jumlah sebanyak 23 siswa di masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil menulis puisi. Hasil uji prasyarat data menyatakan sampel terdistribusi homogen dan normal. Selanjutnya dilakukan uji t satu pihak (α = 0,05). Nilai sig. 2 tailed 0,003  kurang dari 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara sampel Test dan diketahui bahwa nilai thitung sebesar 3,087 dengan df 44. Adapun nilai ttabel pada df 44 yaitu 2,015. Berdasarkan dari data tersebut yaitu 3,087 > 2,015 maka Ho ditolak dan HA diterima.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi ...