Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 7 No. 3 (2021): July-September

Pengaruh Motivasi Dan Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Sistem Daring Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri Kedungadem Bojonegoro

Rizki Maulana Andi Saputra (IKIP PGRI Bojonegoro)
Ahmad Hariyadi (IKIP PGRI Bojonegoro)
Sarjono Sarjono (IKIP PGRI Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh motivasi dan efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa. penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis kuantitatif deskriptif, populasi penelitian ini adalah kelas XII IPS di SMAN Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro dengan jumlah 58 sampel, data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang diukur dengan skala likert, metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa motivasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kemandirian belajar siswa, efikasi diri berpengaruh signifikan dan positif terhadap kemandirian belajar siswa, secara bersama-sama motivasi dan efikasi diri berpengaruh signifikan dan positif terhadap kemandirian belajar sisiwa. Dengan demikian, upaya yang dilakukan oleh tenaga pendidik dalam mewujudkan kemandirian belajar siswa sistem daring dapat dilakukan dengan memberikan motivasi siswa dan membantu siswa dalam membentuk efikasi diri yang baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...