Widyacarya : Jurnal Pendidikan, Agama, dan Budaya
Vol 5, No 1 (2021)

WHATSAPP SEBAGAI SOLUSI KETERBATASAN INTERAKSI GURU DENGAN ANAK DIDIK PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI TK TUNAS MEKAR DESA TEGALJADI

I Putu Yoga Purandina (Program Studi Pendidikan Guru PAUD, Jurusan Dharma Acarya, STAHN Mpu Kuturan Singaraja)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui fenomena Whatsaap sebagai solusi dari keterbatasan dalam pembelajaran daring saat Pandemi COVID-19 di Taman Kanak-kanak Tunas Mekar Desa Tegaljadi. Pertama, untuk mengetahui persepsi guru dan orang tua tentang efektivitas Whastapp sebagai solusi interaksi remote teaching antara guru dan anak selama Pandemi COVID-19 di Desa Tunas Mekar Tegaljadi, kedua untuk mengetahui persepsi guru dan orang tua mengapa Whatsapp mampu menyelesaikan beberapa kendala belajar mengajar dan belajar secara daring selama Pandemi ini di Desa Tunas Mekar Tegaljadi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara kepada guru dan orang tua. Adapun hasilnya, pertama Whatsapp efektif untuk beberapa masalah remote teaching khususnya dalam interaksi guru dan anak. Kedua, menurut persepsi guru dan orang tua, Whatsaap dapat lebih mudah diakses dan digunakan dengan biaya yang murah, kualitas jaringan yang memadai, fleksibel dalam waktu dan tempat saat berinteraksi, serta mudah dalam memasukkan berbagai dokumen baik audio, visual, audio visual, dan tautan yang menghubungkan aplikasi lain.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

widyacarya

Publisher

Subject

Education

Description

WIDYACARYA: Jurnal Pendidikan, Agama, dan Budaya [ISSN: 2580-7544] dikelola oleh STAHN Mpu Kuturan Singaraja yang dapat dijadikan referensi akademis maupun bahan memecahkan berbagai persoalan agama dan budaya yang dewasa ini semakin ...