Jurnal Civic Hukum
Vol. 6 No. 1 (2021): Mei 2021

Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kontekstual Di Perguruan Tinggi

Puspa Dianti (Universitas Sriwijaya)
Husnul Fatihah (Universitas Sriwijaya)
Camellia Camellia (Universitas Sriwijaya)
Anggun Permata Sari (Universitas Sriwijaya)
Della Apriyanti (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
28 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg dan Gall. Penelitian dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pengembangan , validasi, dan uji coba buku ajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, kuesioner, lembar observasi, dan tes. Berdasarkan  penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil  bahwa Buku Ajar PKn yang dikembangkan dengan basis kontekstual  valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.. Buku ajar PKn Berbasis Kontekstual dinyatakan valid dengan penilaian dari ahli bahasa sebesar 80,3% dan dari ahli materi sebesar 89,3%. Selanjutnya Buku ajar ini juga dinyatakan peraktis  yang ditunjukkan oleh persentase angket penilaian yang diberikan oleh mahasiswa pada tahap uji coba yang ketiga, yaitu 94,5%. Selanjutnya, buku ajar juga dinyatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dilihat dari jumlah persentase lembar observasi yang digunakan pada saat uji coba yang terakhir, yaitu 77,5%

Copyrights © 2021