Jurnal Sistem Komputer & Kecerdasan Buatan
Vol. 4 No. 2 (2021): Volume IV - Nomor 2 - Maret 2021

Game Edukasi Tugu Pahlawan Surabaya Dengan Augmented Reality Berbasis Android

Radifan Aufar Pratama (Universitas Narotama)
Maulana Rizqi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Tugu Pahlawan Surabaya merupakan sebuah monumen yang menjadi markah bagi Kota Surabaya. Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, di mana para warga Surabaya berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia. Game Edukasi Tugu Pahlawan Surabaya Dengan Augmented Reality Berbasis Android ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menghargai para pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, terlebih lagi di era globalisasi saat ini, informasi dan game mudah diakses oleh siapa saja. Augmented Reality adalah teknologi yang memperoleh penggabungan waktu nyata terhadap digital konten yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Augmented Reality memperbolehkan pengguna melihat objek maya 2D atau 3D yang diproyeksikan terhadap dunia nyata. Aplikasi dibuat menggunakan Game Engine Unity 3D, dan dengan menggunakan Android sebagai sistem operasi. Kuisioner digunakan sebagai tolak ukur penilaian pendapat terhadap aplikasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

siskom-kb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan (SisKom-KB) adalah salah satu jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh kantor Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Tanri Abeng yang mencakup bidang Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Teknik Elektro dan beberapa bidang ilmu ...