Al-Ittijah : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab
Vol 12 No 1 (2020): June 2020

Implementasi Metode Ibridai Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Hidayaytul Mubtadiien Majalengka

Ade Arip Ardiansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara khusus bagaimana pelaksanaan Metode Ibtidai yang digunakan dalam proses pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Majalengka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu suatu metode untuk menggambarkan data yang terkumpul secara jelas dan terperinci sebagaimana adanya. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta sumber datanya yang berasal dari pengasuh, pengurus pondok, ustadz pengajar metode ibtidai dan santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Majalengka. Hasil penelitian ini menunjukkan: santri dapat membaca, memaknai dan memahami kitab kuning yang berbahasa Arab tanpa harakat. Adapun santri yang menjadi objek penelitian adalah santri yang masih belajar di Madrasah Diniyah. Bahan Ajar meliputi: buku panduan metode Ibtidai, Kitab Tijan ad-Darāri, Kitab Safīnatun Najāh. Sistem evaluasi dengan cara tes kemampuan membaca, menulis untuk pegon dan tes lisan untuk Kitab Tijan ad-Darāri, Kitab Safīnatun Najāh dengan cara tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara khusus bagaimana pelaksanaan Metode Ibtidai yang digunakan dalam proses pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Majalengka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu suatu metode untuk menggambarkan data yang terkumpul secara jelas dan terperinci sebagaimana adanya. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta sumber datanya yang berasal dari pengasuh, pengurus pondok, ustadz pengajar metode ibtidai dan santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Majalengka. Hasil penelitian ini menunjukkan: santri dapat membaca, memaknai dan memahami kitab kuning yang berbahasa Arab tanpa harakat. Adapun santri yang menjadi objek penelitian adalah santri yang masih belajar di Madrasah Diniyah. Bahan Ajar meliputi: buku panduan metode Ibtidai, Kitab Tijan ad-Darāri, Kitab Safīnatun Najāh. Sistem evaluasi dengan cara tes kemampuan membaca, menulis untuk pegon dan tes lisan untuk Kitab Tijan ad-Darāri, Kitab Safīnatun Najāh dengan cara tanya jawab.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-ittijah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

al-ittijâh published twice a year since 2009 (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of Education and Teachers Training, Sultan Maulana ...