Ekspresi dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 4, No 1 (2021): Januari

REPRESENTASI IMPERIALISME BUDAYA KOREA DALAM IKLAN NUTRISARI VERSI “JUNG MIN BUTUH VITAMIN”

Ratu Laura M.B.P (Program Studi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jakarta)
Ratu Nadya Wahyuningratna (Program Studi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jakarta)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2021

Abstract

Istilah K-Pop dan K-Wave saat ini tidak asing lagi didengar. Kedua istilah tersebut sangat erat dengan kebudayaan Korea Selatan yang sedang menjamur tidak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Dapat dipastikan saat ini semua orang dapat dengan mudah mengakses segala hal yang berhubungan dengan kebudayaan Korea Selatan melalui media cetak, elektronik maupun online. Dari drama, film, variety show maupun konser online dapat dinikmati di mana saja dan kapan saja tanpa Batasan waktu dan tempat. Tak hanya kaum remaja, anak-anak sampai dewasa mulai “teracuni” dengan hal-hal yang berbau Korea. Menurut Shim (2006) koreanisasi, adalah bentuk baru dari imperialisme budaya. Secara perlahan tapi pasti masyarakat di dunia tak lagi menjadikan budaya barat sebagai pusat dari segala budaya. K-Wave merupakan efek yang diinginkan dari strategi negara yang dirancang khusus untuk mengekspor produk-produk hiburan Korea ke luar negeri. Euphoria ini mulai dimanfaatkan oleh para pengiklan untuk memasukan unsur “berbau” Korea Selatan untuk menarik audiens. Salah satunya adalah Iklan Nutrisari versi “Jung Min Butuh Vitamin!” yang menggaet talent asli orang Korea untuk menarik perhatian. Peneliti tertarik untuk “membedah” iklan ini untuk mengetahui representasi imperialism budaya Korea Selatan yang dimunculkan menggunakan Semiotika Roland Barthes.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEP

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Ekspresi dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi Adalah jurnal ilmiah Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Terbit secara berkala 1 tahun 2 kali. Mengangkat tulisan hasil penelitian maupun pemikiran ilmiah yang mencakup ...