JURNAL ILMIAH HOSPITALITY MANAGEMENT
Vol 11 No 1 (2020)

RAGAM BAHASA INGGRIS DALAM APLIKASI GO-JEK SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DENGAN WISATAWAN DI SANUR

Ni Luh Supartini (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
Ni Made Ayu Sulasmini (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2020

Abstract

Di Bali yang merupakan salah satu daerah tujuan pariwisata terbesar di Indonesia, telah hadir beberapa transportasi online berbasis aplikasi, salah satunya adalah Gojek. Gojek adalah aplikasi yang melayani transportasi melalui layanan ojek dan menjadi media penghubung bagi penumpang dan pengemudi. Sebagian besar wisatawan menggunakan aplikasi ini dalam sebagai sarana transportasi mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ragam Bahasa yang digunakan dalam aplikasi Gojek dan juga perepsi wisatawan terhadap Bahasa Inggris yang digunakan dalam aplikasi Gojek. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan ragam Bahasa yang digunakan dalam aplikasi Gojek adalah ragam Bahasa tulis dengan menggunakan 2 metode terjemahan yaitu word to word dan literal translation method. Persepsi wisatawan terhadap Bahasa Inggris yang digunakan dalam aplikasi Gojek agar menggunakan kata kunci saja dalam berkomunikasi mengirimkan pesan untuk menghindari kesalahan informasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIHM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JIHM merupakan wadah kreatifitas dosen dalam menulis karya ilmiah dalam rangka memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi dan sebagai informasi ilmiah yang bisa dikembangkan bersama untuk tujuan pengalaman pengetahuan di kampus. Focus and Scope JIHM berkomitmen merangsang penelitian berdampak ...