Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis
Vol. 4 No. 2 (2019)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK BISNIS KELUARGA BERTUMBUH SECARA BERKELANJUTAN

Gunawan Adi Prayogo (Unknown)
David Sukardi Kodrat (Unknown)
I Gusti Bagus Yosia Wiryakusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2020

Abstract

Keberlanjutan bisnis keluarga atau yang juga disebut family business sustainability oleh Komisi Lingkungan dan Pembangunan dunia (1987 dalam Oudah et al. 2018) didefinisikan sebagai pemanfaatan keberlangsungan usaha yang telah ada saat ini, dengan tujuan untuk pemenuhan kebutuhan hidup dimasa mendatang tanpa mengorbankan kemampuan genarasi-generasi penerus selanjutnya. Keberlanjutan bisnis keluarga memiliki peran yang sangat penting bagi seorang entrepreneur yang sedang menjalankan family business. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang membentuk bisnis keluarga bertumbuh secara berkelanjutan. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Ciputra yang tergabung dalam komunitas Family Business. Jumlah responden yang digunakan sejumlah 80 responden. Pendekatan penelitian ini dilakukan secara kuantitatif menggunakan metode second order confirmatory factor analysis (CFA). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan berdasar pada kedelapan variabel yang diperkirakan merupakan faktor yang membentuk keberlanjutan bisnis keluarga. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat tiga faktor yang membentuk bisnis keluarga bertumbuh berkelanjutan yaitu kepemimpinan, nilai bisnis keluarga, dan keharmonisan keluarga.Kata kunci: Usaha Keluarga, Kewirausahaan, Generasi Penerus, Keberlanjutan Bisnis Keluarga.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

performa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal penelitian dalam kajian ilmu manajemen dan start-up business berbasis pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan ...