Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis
Vol. 6 No. 1 (2021): Performa

PENGARUH HARGA, LOKASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR PADA STAR MOTOR CARWASH

Robby Hariono (Unknown)
Maria Assumpta Evi Marlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2021

Abstract

Star Motor Carwash adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa layanan cuci mobil dan motor yang terletak di Kota Malang. Star Motor Carwash memiliki permasalahan tentang penurunan omset pada tahun 2019 mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi, dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediator pada Star Motor Carwash. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan pendekatan purvosive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 97 pelanggan yang memiliki kriteria usia dengan rentang 17-70 tahun, laki-laki maupun perempuan serta telah menggunakan layanan jasa Star Motor Carwash minimal dua kali. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan Smart PLS. Teknik analisis yang digunakan merupakan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi, dan kualitas layanan terharap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediator pada Star Motor Carwash. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa harga, lokasi, dan kualitas layanan berpengaruh secara signifikan tehadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediator pada Star Motor Carwash. Kata kunci : Harga, Lokasi, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

performa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal penelitian dalam kajian ilmu manajemen dan start-up business berbasis pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan ...