Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap disposisi matematika dan pemahaman matematika secara multivariat, untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap disposisi matematika dan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap pemahaman matematika. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Eksperimen dengan statistik Manova dan dilaksanakan di SMPI di kecamatan Bantar Gebang Bekasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap disposisi matematika dan pemahaman matematika secara multivariat, dibuktikan dengan nilai sig dengan = 20,773, terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap disposisi matematika dibuktikan dengan nilai sig dengan = 19,250 dan terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap pemahaman matematika dibuktikan dengan nilai sig dengan = 15,362. Untuk meningkatkan disposisi matematika dan pemahaman matematika, yaitu dengan melibatkan proses pengoptimalan siswa dalam memulai pelajaran dengan menumbuhkan motivasi terlebih dahulu agar siswa semangat untuk belajar matematika dan dituntut keaktifan dalam mengkonstruksi pengetahuannya sendiri sehingga siswa lebih mengerti dengan materi pembelajaran dan proses pembelajaran lebih menyenangkan dan nyaman.
Copyrights © 2020