RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
2020: SPECIAL EDITION

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP DISPOSISI MATEMATIKA DAN PEMAHAMAN MATEMATIKA

Ufiya Putri Adhiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap disposisi matematika dan pemahaman matematika secara multivariat, untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap disposisi matematika dan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap pemahaman matematika. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Eksperimen dengan statistik Manova dan dilaksanakan di SMPI di kecamatan Bantar Gebang Bekasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap disposisi matematika dan pemahaman matematika secara multivariat, dibuktikan dengan nilai sig  dengan  = 20,773, terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap disposisi matematika dibuktikan dengan nilai sig  dengan  = 19,250 dan terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap pemahaman matematika dibuktikan dengan nilai sig  dengan = 15,362. Untuk meningkatkan disposisi matematika dan pemahaman matematika, yaitu dengan melibatkan proses pengoptimalan siswa dalam memulai pelajaran dengan menumbuhkan motivasi terlebih dahulu agar siswa semangat untuk belajar matematika dan dituntut keaktifan dalam mengkonstruksi pengetahuannya sendiri sehingga siswa lebih mengerti dengan materi pembelajaran dan proses pembelajaran lebih menyenangkan dan nyaman.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...