Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab serta kesesuaianya dengan teori psikologi perkembangan linguistik remaja di kelas XI Program Keagamaan Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian lapangan dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab meliputi penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran pada awal tahun pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dalam tiga kegiatan, yakni kegiatan awal (Pendahuluan), kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi), dan kegiatan penutup. (3) Evaluasi pembelajaran meliputi teknik pelaksanaan, instrument dan tindak lanjut dari hasil evaluasi. (4) Hasil komparasi menyatakan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab secara keseluruhan sesuai dengan psikologi perkembangan linguistik remaja
Copyrights © 2020