TSAQOFIYA : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab

Pembelajaran Imla’ melalui Media Whatsapp di kelas III MI Cemorokandang

Akbari, Muhammad Afief (Unknown)
Muassomah, Muassomah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pembelajaran Imla’ & latihan materinya dilaksanakan melalui media Whatsapp di kelas III MI Cemorokandang, serta dampak dari pembelajaran Imla’ yang dilaksanakan. Sedangkan metode penelitian yang peneliti gunakan pada penelitian kali ini ialah metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Kemudian setelah data terkumpul dilakukan analisis data dengan: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa Tahapan pelaksanaan pembelajaran Imla’ pada murid kelas III diawali dengan salam, doa, kemudian guru mengirimkan materi yang akan dibahas ke grup, 10 hingga 15 menit setelah materi dibagikan, guru dan siswa bisa berdiskusi atau bertanya tentang materi yang sudah dijelaskan sebelumnya, selanjutnya guru mengirimkan pesan teks ataupun voice note ke grup yang berisi meminta para murid untuk mengerjakan latihan yang diberikan, dan dalam penutupan bisa menyampaikan ulang materi yang sudah dibahas secara sekilas. Jawaban dari murid ataupun guru mapel bahasa Arab terkait pembelajaran Imla’ yang telah dilaksanakan ialah bahwa terkait pemraktikkan cara pengucapan & cara penulisan, pemberian contoh dan lainnya dirasa sudah cukup memuaskan, hanya saja masukkannya yakni ketika memberi tugas agar perlu dijelaskan sejelas mungkin.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tsaqofiya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

TSAQOFIYA is Journal that is published biannually or twice a year, that is in June and December. It is published by Arabic of Education Department , The State Institute of Islamic Studies Ponorogo. Journal TSAQOFIYA aims to share the scientific studies that are conducted by scientists and academics ...