Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui program pembinaan prestasi kelas khusus olahraga yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Kota Sukabumi dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process dan Product). Dengan menggunakan metode CIPP yang dikemukan oleh Daniel L. Stuflebeam yaitu evaluasi pada Context pembahasan mengenai latar belakang program dan tujuan program pembinaan. Evaluasi Input pembahasan mengenai penerimaan atlet, pelatih, dana, sarana dan prasarana. Evaluasi Process pembahasan mengenai pelaksanaan program latihan, konsumsi/gizi, koordinasi dan komunikasi. Evaluasi Product yaitu mengenai hasil capaian prestasi yang di dapat pada pembinaan prestasi kelas khusus olahraga SMA Negeri 1 Kota Sukabumi. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, pengamatan (observasi) dan studi dokumentasi yang didapat peneliti bahwa program pembinaan prestasi olahraga kelas khusus olahraga SMA Negeri 1 Kota Sukabumi Pentingnya komunikasi dan koordinasi dari stakeholder olahraga belum berjalan sesuai harapan dalam mencari donatur baik pihak pemerintah daerah dan swasta. Kesimpulan bahwa:(1) Program pembinaan prestasi olahraga kelas khusus olahraga dapat dijadikan model pembinaan prestasi di sekolah umum,.
Copyrights © 2020