Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2, No 2 (2020)

Pemberian Motivasi Melalui Cerita Dan Games Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia SD Dan SMP

Etty Ratnawati (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Aas Asniawati (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2020

Abstract

Kreatifitas guru dalam mengajar salah satunya berupa metode mengajar dan penggunaan media pembelajaran. Pada masa sekarang ini dalam sebuah sistem pendidikan modern, fungsi guru sebagai penyampai pesan pendidikan tampaknya memang sangat perlu dibantu dengan media pembelajaran, seperti cerita dan games agar proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan juga dapt memotivasi minat anak untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pemberian motivasi melalui cerita dan games untuk meningkatkan minat belajar anak usia SD dan SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, instrument utama adalah peneliti itu sendiri. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di Desa Nagarajati Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis pada bulan juli saat pelaksanaan KKN-DR 2020. Pemberian motivasi melalui cerita dan games dilakukan setiap kegiatan bimbingan belajar untuk meningkatkan minat belajar anak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dimasejati

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Dimasejati IAIN Syekh Nurjati Cirebon, berfokus pada masalah utama dalam pengembangan ilmu bidang layanan masyarakat sebagai berikut: Layanan Komunitas: Orang, Ketahanan Pangan Lokal, Pelatihan, Pemasaran, Teknologi Tepat Guna, Desain Pemberdayaan Masyarakat, Akses Sosial dan Kesehatan. ...