Buletin KKN Pendidikan
Vol. 1, No. 2, Desember 2019

Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali

Atiqa Sabardila (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Anggi Desatria Budiargo (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Galih Wiratmoko (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Juan Artha Himawan (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Aprilia Triutami (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ayu Intansari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Desti Setiyowati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Dizy Hana Tri Cahyani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ratnawati Handayani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Suistri Suistri (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
06 May 2019

Abstract

Program penghijauan yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan adalah kegiatan yang dilaksanakan di MIM Derasan Sempu, Kabupaten Boyolali. Ada dua alasan yang mendasari pelaksanaan program ini adalah sebagai berikut: (1) lingkungan sekolah yang gersang, dan (2) kurangnya kesadaran siswa tentang lingkungan sekolah. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang membuang sampah sembarangan. Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan melalui program penghijauan dan untuk memperkenalkan jenis media tanam kepada siswa. Dua jenis media tanam digunakan dalam program penghijauan ini, yaitu tanah dan hidrogel. Metode dalam kegiatan ini berupa analisis situasi, identifikasi masalah, menentukan tujuan kerja, rencana pemecahan masalah, pendekatan sosial, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan adalah siswa lebih peka terhadap lingkungan. Hal ini terlihat dari kegiatan mereka melakukan penyiraman tanaman setiap pagi yang dilakukan sesuai dengan jadwal piket. Siswa juga dapat bertanggung jawab untuk memelihara dan merawat tanaman.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

buletinkkndik

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Lingkup kajian Buletin KKN-Dik adalah kegiatan pengabdian masyarakat dan/atau KKN Dik yang dapat berupa: (a) penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat pendidikan; (b) pemahaman kondisi pendidikan masyarakat di ...