Buletin Pembangunan Berkelanjutan
Vol. 4 No. 2 (2020)

Penerapan Permainan matematika di SDN 008 Balikpapan Utara Kota Balikpapan untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar Matematika

Muhammad Azka (Unknown)
Primadina Hasanah (Institut Teknologi Kalimantan)
Sigit Pancahayani (Institut Teknologi Kalimantan)
Indira Anggriani (Institut Teknologi Kalimantan)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Pada tingkat dasar, siswa mempelajari dasar-dasar operasi hitung matematika yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagaian baik pada operasi bilangan bulat maupun pecahan yang seringkali membuat siswa bingung dan kurang berminat mempelajarinya. Kondisi ini perlu diwaspadai dikarenakan masih sering dijumpai siswa tingkat menengah yang tidak memahami operasi hitung pecahan. Di lain pihak, stigma yang terjadi di masyarakat Indonesia pada umumnya adalah matematika merupakan pelajaran yang paling sulit. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan upaya pengembangan suatu metode pembelajaran dengan mengimplementasikan suatu bentuk permainan pada pembelajaran matematika. Metode permainan yang digunakan dalam meningkatkan pemahaman dan minat belajar matematika ini diadopsi dari permainan ular tangga dan kartu UNO, yang mana permainan-permainan ini sudah dikenal oleh anak-anak. Berdasaran kegiatan yang telah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan bahwa metode permainan sangat disukai oleh siswa SDN 008 Balikpapan Utara dalam meningkatkan minat belajar matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

buletinpembangunan

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Fokus utama adalah pengabdian kepada masyarakat berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / Sustainable Development Goals (SDGs) kelompok utama yaitu sosial, ekonomi, lingkungan, teknologi, hukum dan tata kelola berbasis penelitian seperti Participatory Action Research, Pengembangan ...