PROGRES PENDIDIKAN
Vol. 2 No. 1 (2021): Januari 2021

HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Husnul Khatimah (Universitas Mataram)
Safruddin Safruddin (Universitas Mataram)
Muhammad Turmuzi (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2021

Abstract

Proses pembelajaran yang monoton dan tidak variatif cenderung menyurutkan motivasi dan semangat peserta didik dalam belajar sehingga perlu diadakan inovasi dalam memilih model pembelajaran, salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran coop erative learning tipe teams games tournament (TGT). Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika yang dicapai oleh peserta didik kelas III di SDN 7 Cakranegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas III di SDN 7 Cakranegara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional dimana yang digunakan adalah korelasi sebab akibat, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif serta tergolong ke dalam penelitian expost facto. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas III SDN 7 Cakranegara yang bertempat di Kecamatan Cakranegara Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0.695 atau 69.5%. Hasil tersebut berarti bahwa hubungan variabel penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) (X) terhadap variabel hasil belajar peserta didik (Y) yaitu sebesar 69.5%, sedangkan sebesar 30.5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PROSPEK

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

PROGRES PENDIDIKAN merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup, model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan lima mata pelajaran utama ...