Adanya problematika guru terkait dengan pelaporan evaluasi pembelajaran yakni masih ada guru yang merasa kesulitan mengelola dan merumuskan informasi bermakna dari hasil penilaian tersebut. Untuk itu dibutuhkan pengelolaan laporan perkembangan anak yang efektif dan efisien mengingat jumlah anak yang cukup banyak disetiap kelas, yaitu dengan menggunakan Aplikasi Rapor Digital untuk Raudhatul Athfal (ARDIRA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen laporan penilaian perkembangan anak berbasis Aplikasi Rapor Digital (ARDIRA) di Raudhatul Athfal. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan pelaporan evaluasi pembelajaran berbasis aplikasi rapor digital untuk Raudhatul Athfal (ARDIRA). Yang menjadi informan utama dalam penelitian ini yaitu operator sekolah dan guru kelas. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa penggunaan aplikasi ARDIRA dalam pelaporan evaluasi pembelajaran anak telah terlaksana dengan baik dan efektif sesuai dengan pedoman penggunaan aplikasi ARDIRA sehingga memudahkan, mengefektikan serta mengefisienkan pekerjaan guru dalam menyusun laporan evaluasi pembelajaran anak.
Copyrights © 2021