Pangkaja: Jurnal Agama Hindu
Vol 22, No 2 (2019)

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO MODELING PADA PEMBELAJARAN HATHA YOGA DI SMAS YPVDP BONTANG

Adnyani, Ni Made (SMA Negeri 1 Bontang)
Dwiyono, H. Yudo (Universitas Mulawarman Samarinda)
Limbong, Effendi (Universitas Mulawarman Samarinda)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2020

Abstract

Pembelajaran yoga asana (hatha yoga) merupakan salah satu topik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21/2016 tentang standar isi yang memuat tentang kompetensi inti yang mesti dicapai oleh peserta didik. Kompetensi inti meliputi kompetensi Inti sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. Yoga asana merupakan salah satu kompetensi dasar yang mesti dimiliki oleh setiap peserta didik kelas XI.Pembelajaran yoga asanas (Hatha Yoga) merupakan pembelajaran yang berbasis praktik atau Doing outcome. Target pembelajarannya berupa sikap (Attitude) dan keterampilan (Skill). Penilaian yang tepat dalam pembelajaran yang berbasis praktik adalah penilaian perilaku (manner) dan unjuk keterampilan (performance). Pada tipe pembelajaran seperti ini, media pembelajaran yang tepat adalah media pembelajaran seperti modeling, dan demonstrasi dengan langkah-langkah yang terperinci. Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan (1) prosedur implementasi media pembelajaran Video Modeling (VM), dan (2) persepsi siswa terhadap media pembelajaran VM pada pembelajaran Hatha Yoga di SMA YPVDP Bontang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA YPVDP Bontang, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang-Kalimantan Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kombinasi model concurrent (campuran) dengan bobot metode kualitatif lebih tinggi daripada kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai dan menyebarkan kuesioner kepada siswa, kepala sekolah, guru dan orang tua siswa. Kuesioner disusun dengan menggunakan skala Likert. Sedangkan data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan menggunakan metode Triangulasi Data. Hasil penelitian menunjukkan prosedur implementasi media pembelajaran VM dilakukan dengan 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Persepsi siswa terhadap media pembelajaran VM ditentukan berdasarkan pada tiga aspek, yaitu aspek tampilan, aspek pengoperasian dan aspek kemanfaatan. Secara keseluruhan, persepsi siswa menunjukkan bahwa siswa merasa senang karena tampilan VM sangat menarik, pengoperasian yang sangat mudah dan bermanfaat dalam membantu pembelajaran mandiri siswa. Hal ini diperkuat dengan data kuantitatif bahwa aspek tampilan VM memperoleh nilai sangat baik dengan rata-rata 70,84%, aspek pengoperasian VM memperoleh nilai sangat baik dengan rata-rata 83,34%, dan aspek kemanfaatan VM menunjukkan penilaian sangat baik sebesar 75%. Media pembelajaran VM ini sangat cocok diterapkan pada pembelajaran yang menekankan pada keterampilan olah fisik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PJAH

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Pangkaja: Jurnal Agama Hindu dengan No ISSN 1412-7474 dan e-ISSN 2623-2510 yang dikeluarkan oleh LIPI dikelola oleh Pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar dan diterbitkan oleh IHDN Denpasar Jurnal Pangkaja adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan berbagai ...