Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2021): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021

PEMBERDAYAAN KELOMPOK DAUR ULANG SAMPAH “MANI SARANA” KELURAHAN HAMADI DISTRIK JAYAPURA SELATAN KOTA JAYAPURA

Hiskia CM Sapioper (Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Cenderawasih)
Lazarus Ramandei (Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2021

Abstract

Sampah plastik adalah jenis sampah yang paling sulit terurai oleh tanah. Mengacu pada perihal tersebut perlu memanfaatkan sampah plastik bekas tersebut agar dapat dikelola menjadi barang yang memiliki nilai. Plastik dalam bentuk kemasan apapun dapat diadur ulang menjadi berbagai jenis kerajinan tangan yang memiliki nilai jual misalnya dalam bentuk tas dan lain lain. Dengan memanfaatkan berbagai keratifitas masyarakat barang bekas tersebut dapat dikelola menjadi barang yang berguna bagi masyarakat. Dalam melaksanakan kegiatan pelatihan tersebut, Adapun target kegiatan adalah pelatihan pengelolaan sampah plastik menjadi kerajinanan tangan yang dilakukan oleh kelompok kerajinan “Mani Sarana” Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah untuk mencapai tujuan secara berkala dalam pelatihan, sehingga masyarakat (kelompok kerajinan) Mani Sarana dapat memahami cara dalam mengelola plastik bekas sebagai kerajinan tangan. Pelatihan ini dilakukan dengan melalui cara ceramah dan diskusi.Sehingga dengan adanya pelatihan pengelolaan sampah plastik bekas ini menjadi kerajinan tangan diharapkan tidak hanya dapat meningkatkan kreatifitas dalam memanfaatkan barang-barang bekas, tetapi dapat juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...