Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2021): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021

PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL RAJUTAN TERDAMPAK COVID 19 DI KAMPOENG RAJOET KOTA BANDUNG

Yanti Susila Tresnawati (Universitas Pasundan Bandung)
Winne Wardiani (Universitas Pasundan Bandung)
Rini Anisyahrini (Universitas Pasundan Bandung)



Article Info

Publish Date
18 May 2021

Abstract

Covid-19 berdampak negatif terhadap keberaadaan usaha mitra yang bergerak dalam usaha Rajutan, merupakan produk Unggulan Kota Bandung yang berada di wilayah Kampoeng Radjoet, Produk Mitra memiliki potensi untuk bersaing dengan produk sejenis baik dalam negeri maupun produk dari luar negeri. Akan tetapi masih dihadapkan pada Permasalahan yaitu belum Memahami, Memanfaatkan Dan Menerapkan Teknologi Informasi Pemasaran (Informasi melalui E-Commerce Web & Apps dan Digital Marketing Content. Solusi yang ditawarkan : 1) Peningkatan Pemahaman Teknologi Informasi Pemasaran (Informasi melalui E-Commerce Web & Apps dan digital marketing content. 2) Peningkatan kapasitas Teknologi Informasi berupa Laptop, dan Kamera sebagai sarana E-Commerce Web & Apps dan Digital Marketing Content. Dan Merancang E-Commerce Web & Apps. 3) Peningkatan Pemahaman dan Produksi Digital Content di E-Commerce Web & Apps . 4) Peningkatan Pemahaman dan Pembuatan akun Official store di Marketplace, dan Peningkatan Pemahaman dan Pembuatan akun Official store di Video Streaming Platform (Youtube Channel). 5) Sinkronisasi keseluruhan akun dari mulai Web & Mobile Apps sampe official store di semua platform digital (Facebook Pages,Instagram, Shopee, Youtube) dan Mitra Memanfaatkanya. Metode Kegiatan dengan menggunakan pendekatan : Pelatihan, Bimbingan teknis, Pendampingan, dan Fasilitasi. Dalam skema ini, Tim pengusul sebagai pelaksana kegiatan, yang memiliki tugas dalam menyelesaikan permasalahan dan mencapai solusi dan target luaran yang telah ditetapkan sesuai dengan kepakarannya serta melibatkan mahasiswa sebagai tim teknis. Hasil dan luaran yang telah dicapai dalam pelaksanaan kegiatan ; 1) Berubahnya Digital Maidset mitra, dan mampu memahami dari kemanfatan Teknologi Informasi (Digital marketing/ Distribusi) 2) Mitra Memiliki Fasilitas Teknologi Laptop 1 Unit (Asus TUF FX505DU), Kamera Sony Alpha 6300 KIT beserta kelengkapanya dan memiliki sarana teknologi informasi Web & Apps 3) Meningkatnya Pemahaman Mitra, dan Penerapan: Produksi Digital Content, Distribusi Digital Content di E-Commerce Web & Mobile, Memiliki akun Official store di Sosial Media,. 4) Mitra memahami dan memiliki akun Official store di Marketplace, akun Official store di Video Streaming Platform (Youtube Channel). 5) Sinkronisasi keseluruhan akun dari mulai Web & Mobile Apps sampe official store di semua platform digital (Facebook Pages, Instagram, Marketplace, Youtube) dan Mitra Memanfaatkanya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...