Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service)
Vol. 5 No. 1 (2021): JURNAL LAYANAN MASYARAKAT

PELATIHAN PENYUSUNAN KONTEN PEMBELAJARAN DARING BAGI PETUGAS TAMAN BACA MASYARAKAT SURABAYA DI MASA PANDEMI COVID-19

Kukuh Yudha Karnanta, S.S., M.A ((SINTA ID: 6030972), Faculty of Humanities, Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Surabaya dideklarasikan sebagai kota literasi sejak 2014. Hal tersebut diwujudkan dengan didirikannya 1428 Taman Baca Masyarakat (TBM) di Surabaya mencapai 1428 TBM, dengan tenaga pendamping TBM mencapai 595 orang. Namun di masa pandemi Covid19 ini aktivitas pendidikan literasi di Surabaya berjalan tidak maksimal, untuk tidak dikatakan berhenti sama sekali. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti, belum adanya sistem media pembelajaran daring serta belum terampilanya petugas Taman Baca Masyarakat dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai ide penyusunan pembelajaran daring merupakan akar permasalahan. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk, pertama, menginisiasi penyusunan konten pendidikan literasi berbasis pembelajaran daring (elearning). Kedua, menyelenggarakan program pelatihan penggunaan media pembelajaran daring untuk tenaga petugas Taman Baca Masyarakat di Surabaya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jlm

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service) (p-ISSN: 2580-8680 , e-ISSN: 2722-239X) is a scientific journal that publishes articles of community service from the application of various scientific disciplines. The purpose of this journal publication is to disseminate the results of ...