Chemistry in Education
Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021

Pengaruh Project Based Learning Berorientasi Chemoentrepreneurship Berbantuan e-LKPD terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Wirausaha

Kurniawati, Erlinda Eka (Unknown)
Sumarti, Sri Susilogati (Unknown)
Wijayati, Nanik (Unknown)
Nuswowati, Murbangun (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengatui pengaruh pembelajaran PjBL berorientasi CEP berbantuan e-LKPD terhadap keterampilan proses sains dan sikap wirausaha peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 15 Semarang. Pada penelitian ini digunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design dengan desain penelitian yaitu control group pre test-post test design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive random sampling dengan pertimbangan uji normalitas dan uji homogenitas nilai keterampilan mata pelajaran kimia. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes (pre test dan post test), metode non tes (observasi dan angket), serta metode dokumentasi. Teknik analisis keterampilan proses sains yang digunakan yaitu uji kesamaan dua varians, uji hipotesis, uji pengaruh dua variabel, penentuan koefisien determinasi. Hasil penelitian rata-rata nilai post test keterampilan proses sains peserta didik kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dengan nilai thitung (16,7810) > ttabel (1,6684). Analisis pengaruh dua variabel menghasilkan nilai koefisien biserial sebesar 0,5964 yaitu berpengaruh sedang. Penentuan koefisien determinasi sebesar 36%. Analisis sikap wirausaha uji rata-rata skor observasi menghasilkan skor kelompok eksperimen di semua indikator lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Penerapan PjBL berorientasi CEP berbantuan e-LKPD berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan sikap wirausaha peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 15 Semarang pada materi hidrolisis garam.

Copyrights © 2021