Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 5, No 2 (2020): TEKS

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS NEGOSIASI DI SMK KOTA SEMARANG

Ani Yunarida (Unknown)
Harjito Harjito (Unknown)
Hartini Hartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar menulis teks negosiasi melalui surat niaga di SMK kota Semarang dan membuat rancangan bahan ajar menulis teks negosiasi melalui surat niaga di SMK kota Semarang. Penelitian ini dilakukan di dua sekolah, yaitu SMK Palapa Semarang yang beralamat di Jl. Untung Suropati  dan SMK Triatma Jaya yang beralamat di Jl. Dr. Cipto 64B Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari 2018 – Desember 2018 dengan sumber data dari 53 peserta didik, dua guru Bahasa Indonesia dan dua pakar ahli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif secara longitudinal dengan menggunakan model riset pengembangan (R&D). Metode penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk atau rancangan baru, menguji keefektifan produk serta mengembangkan dan menciptakan produk baru serta menguji keefektifan produk tersebut. Dalam penelitian ini dihasilkan bahwa bahan aja menulis teks negosiasi memalui surat niaga yang dikembangkan terbukti efektif membantu peserta didik dalam pembelajaran menulis teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah penulisan yang berlaku. Dilihat dari hasil ketercapaian ketuntasan belajar, hasil tes menulis peserta didik menunjukkan bahwa pada saat menggunakan bahan ajar menulis teks negosiasi melalui surat niaga sebanyak 90,57 % peserta didik mendapat nilai diatas KKM. Artinya, bahan ajar ini sangat membantu dalam pemerolehan ketuntansan belajar peserta didik. Secara keseluruhan dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan bahan ajar menulis teks negosiasi melalui surat niaga mampu menjawab kebutuhan guru dan peserta didik. Serta dapat dijadikan sumber belajar yang mampu membantu peserta didik dalam mencapai ketuntasan pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

teks

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah TEKS Program S2 PBSI memuat hasil analisis, pemikiran, dan penelitian yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Terbit dua kali dalam setahun. Dikelola dengan penanggung jawab ketua program studi, dan diterbitkan atas dukungan penuh Universitas PGRI Semarang. Manajerial ...