Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan perkuliahan media pembelajaran kimia (MPK) berbasis moodle dengan menggunakan model PjBL di rumah selama masa wabah pandemic Covid-19 melanda di Indonesia dan respon mahasiswa terhadap pelaksanaan perkuliahanannya. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 18 mahasiswa program studi pendidikan kimia di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner terbuka online dalam format google form dan diisi secara online oleh mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan analisis isi (content analysis). Dua tema yang muncul dalam data adalah pelaksanaan dan respon perkuliahan media pembelajaran kimia berbasis moodle menggunakan model pembelajaran PjBL. Hasil penelitian ini menunjukkan Perkuliahan media pembelajaran kimia berbasis moodle dengan menggunakan model PjBL efektif untuk penguasan konsep dan mahasiswa merespon secara positif sebagai model pembelajaran di rumah. Kesimpulan dalam penelitian ini model PjBL berbasis moodle sangat sesuai diterapkan pada perkuliahan Media Pembelajaran Kimia dengan sistem online selama masa pandemic Covid-19, karena dapat menguatkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis, analitis, kreatif dan produktif.
Copyrights © 2021