Jurnal Dedikasi
Vol. 16 (2019): Mei

KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK-PRODUK KOPI DALAM RANGKA PENGEMBANGAN EDUWISATA PADA MASYARAKAT DESA DONOWARIH KABUPATEN MALANG

Novin Farid SW (Universitas Muhammadiyah Malang)
Arum M (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
31 May 2019

Abstract

Desa Donowarih merupakan desa dengan potensi kopi yang sangat melimpah, hanya saja potensi tersebut belum dikelola secara optimal, dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat akan inovasi dan nilai tambah dari potensi yang ada. Selain itu letak desa Donowarih sangat strategis yang berbatasan langsung dengan Kota Wisata Batu sehingga menjadi peluang yang bagus untuk menjadikan desa ini menjadi area wisata. Pengabdian ini dimaksudkan sebagai upaya melatih masyarakat dalam pendampingan produksi, pemasaran dan pengelolaan wisata edukasi berbasis kopi untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat desa Donowarih. Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini yakni pelatihan pengemasan produk kopi, pelatihan penggunaan pulper untuk petani, pelatihan komunikasi pemasaran kopi, keikutsertaan di pameran kopi dan penyelenggaraan event kopi di Donowarih yang sukses mendatangkan pengunjung.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health

Description

Dedikasi adalah jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh Direktorat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) Universitas MUhammadiyah Malang. Jurnal dengan tulisan ilmiah populer ini dimaksudkan sebagai media informasi, komunikasi dan sosialisasi hasil-hasil pengabdian ...