Jurnal Amal Pendidikan
Vol 2, No 1 (2021): Edisi April 2021

Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa

Sitti Muslia (Universitas Halu Oleo)
Kadir Kadir (Universitas Halu Oleo)
Suhar Suhar (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengkaji hubungan antara tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian semester dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Penentuan sampel berdasarkan teknik proportional random sampling sebesar 25% dari tiap-tiap kelas paralel dan diperoleh 95 siswa. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan nilai rapor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kecemasan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari tidak satupun siswa dalam kategori panik, 31 (32,63%) siswa dengan kategori kecemasan berat, 56 (58,95%) siswa dengan kategori kecemasan sedang, dan 8 (8,42%) siswa dengan kategori kecemasan ringan (2) prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari, terdiri atas 62 (65,26%) siswa  dengan kategori prestasi belajar sangat baik, 33 (34,74%) siswa  dengan kategori prestasi belajar baik, dan tidak satupun siswa dalam kategori prestasi belajar cukup (3) ada hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian semester dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari dengan koefisien korelasi sebesar 0,633 yang menunjukkan bahwa antara tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian dengan prestasi belajar matematika siswa memiliki hubungan yang kuat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japend

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, ...